Unit Terakhir dari Audi R8 yang Legendaris juga akan Dimuseumkan
Audi R8 Performance Quattro Edition sebagai unit terakhir dari seri ini dalam fase produksi. (Dok. TopGear)

Bagikan:

JAKARTA - Kisah dari Audi R8 yang legendaris telah berakhir. Perusahaan dari Jerman baru-baru ini menyelesaikan produksi unit terakhir dari mobil berkarakter sport tersebut.

Dilansir dari laman TopGear, Kamis, 28 Maret, Audi telah melepas unit terakhir R8 dari pabrik Bollinger Hofe, Stuttgart, Jerman. Dan, pabrikan berlogo empat cincin ini memberi penghormatan terakhir pada model ini dengan cara yang berkesan.

Unit terakhir ini merupakan versi ‘Performance Quattro Edition’ atau salah satu edisi bertenaga serinya dilumuri cat kuning mengilap dengan pelek perunggu 20 inci, mobil ini dihiasi oleh sejumlah paket karbon yang berkelas.

Audi R8 Performance Quattro Edition memiliki mesin V10 5,2 liter naturally-aspirated yang disegani oleh para rivalnya dengan menghasilkan tenaga mencapai 610 dk.

Langkah baik yang dilakukan oleh pabrikan ialah model tersebut tidak akan dikirimkan untuk pelanggan, melainkan akan dimuseumkan dan dikenang oleh para pecinta mobil sport.

Mundur jauh kebelakang, Audi R8 melakoni debutnya melalui konsep ‘Le Mans Quattro Concept’ yang diperkenalkan pada Frankfurt Motor Show 2003. Kemudian, versi produksinya tiba di pasaran pada tiga tahun setelahnya.

Singkat cerita, mobil ini hadir kembali sebagai generasi kedua pada tahun 2015 melalui gelaran otomotif terakbar, Geneva International Motor Show. Setelahnya, pabrikan meluncurkan R8 e-tron dengan usia yang berlangsung singkat.

Masih belum dipastikan apakah R8 akan mendapatkan penerus, namun diperkirakan itu dalam wujud Electric Vehicle (EV) dengan performa luar biasa. Terlebih lagi, rumor mengatakan bahwa pabrikan sedang mengerjakan mobil sport listrik yang diasumsikan sebagai penerus R8.