Bagikan:

JAKARTA - Pada akhir tahun 2023, para penggemar dunia otomotif harus mengucapkan selamat tinggal pada Audi R8. Agar perpisahan tersebut menjadi istimewa, Audi Jepang meluncurkan R8 Coupe Japan Final Edition pada 14 Desember dengan hanya tersedia 8 unit.

7

Dilansir dari Carscoops, Kamis, 14 Desember, mobil edisi khusus tersebut didasarkan pada warna utama Jepang, yakni putih, merah, dan emas. Eksteriornya dicat dengan warna Ibis White Matte, dipadukan dengan komponen aero serat karbon dan emblem Audi hitam.

7

Kemudian, mobil sport tersebut diberikan pelek lima palang yang memiliki ukuran 20 inci dengan sentuhan perunggu matte ‘emas’ yang menutupi kaliper rem keramik berwarna merah mengkilap.

8

Masuk ke bagian interior, pabrikan asal Jerman ini memberinya warna hitam dengan aksen Alabaster White dengan jahitan berlian. Kemudian, joknya dilapisi kulit Nappa halus, sedangkan headliner dan bagasi dilapisi Alcantara.

Agar terlihat spesial bagi peminatnya, kusen pintu diberi nomor individual untuk masing-masing dari 8 unit tersebut yang terletak di samping tulisan ‘Japan Final Edition’.

9

Model tersebut juga mengusung mesin V10 5,2 liter naturally-aspirated yang kemungkinan menjadi produksi terakhir dari daya pacu tersebut. Dengan mesin ini Audi R8 tersebut dapat berlari dengan tenaga mencapai 612 dk dan torsi 580 Nm. Sementara, mesin tersebut dibantu dengan sistem penggerak empat roda (AWD) yang terintegrasi dengan sistem transmisi tujuh percepatan S-tronic.

Mobil edisi khusus yang hanya tersedia di Jepang ini dipatok dengan harga mencapai 35 juta yen atau setara dengan Rp3,8 miliaran. Pemilik beruntung yang mendapatkan satu dari 8 unit tersebut akan mendapatkan karya seni VIN, dengan nomor sasis setiap kendaraan terukir pada plakat logam.