Mobil Balap Bercorak Unik Ini akan Dikemudikan Pembalap Indonesia di Pentas Asia
Audi R8 LMS GT3 Evo II dengan livery "The Underducks" . (Dok. Absolute Racing)

Bagikan:

JAKARTA - Tim balap asal Hong Kong, Absolute Racing baru-baru ini merilis salah satu mobil, Audi R8 LMS GT3 Evo II yang akan diikutkan dalam kompetisi GT World Challenge (GTWC) Asia musim 2023.

Dilansir dari laman resmi Absolute Racing, Selasa, 25 April, mobil yang akan memakai no.11 tersebut akan menggunakan livery bertema "Ducks" atau biasa dikenal "The Underducks" yang memiliki makna "keberagaman" yang mewakili semua bangsa serta kepercayaan. Ini diwakili dengan beberapa gambar di dalamnya berupa bebek karet yang terdiri dari berbagai warna.

Sebenarnya, livery tersebut telah diaplikasikan ke mobil Porsche 911 RSR-19 pada pergelaran 24 Hours Le Mans pada 2021 dan 2022 ketika Absolute Racing mengikuti balapan legendaris tersebut.

Audi R8 LMS GT3 Evo II tersebut akan dikemudikan oleh pembalap muda asal China, James Yu Kuai dan pembalap Indonesia, Andrew Haryanto untuk musim ini.

4
(Dok. Absolute Racing)

Andrew Haryanto tentunya tidak asing dengan mobil ini setelah sebelumnya ia mengendarainya dengan tim yang sama dalam berbagai ajang di Asia. Terlebih lagi, pasangan James Yu dan Andrew Haryanto pernah memenangkan balapan Sepang 12 Hours yang berlangsung pada Maret lalu.

Absolute Racing menurunkan empat mobil untuk ajang GTWC Asia, yakni dua Porsche 911 GT3R dan dua Audi R8 LMS GT3 Evo II. Ini merupakan tahun ke-13 tim yang bermarkas di Selangor, Malaysia menjadi pelanggan dari Audi.

Ajang GTWC Asia 2023 akan berlangsung dalam enam ronde yang terdiri dari 12 balapan yang akan dimulai di Chang International Circuit, Thailand pada 12-14 Mei dan akan ditutup di Sepang International Circuit pada 22-24 September.

Audi R8 LMS GT3 Evo II merupakan versi yang ditingkatkan dari mobil balap sebelumnya. Memenuhi regulasi FIA GT3, mobil tersebut dibekali mesin V10 5.200 cc yang dapat mengeluarkan daya 585 dk dan torsi maksimum 550 Nm.

Sejak diperkenalkan pada 2022 lalu, mobil ini telah diikutkan pada berbagai ajang GT3 di seluruh dunia, termasuk Intercontinental GT Challenge dan GTWC Europe.