Bagikan:

JAKARTA- Banyak yang tidak tahu jika Volkswagen adalah mobil paling disukai dan paling banyak dibeli di China selama 15 tahun terakhir. Namun untuk kuartal pertama tahun ini tidak berlaku, BYD menjadi merek paling banyak diminati di China dengan terjual sebanyak 440.000 unit.

Sementara, Volkswagen hanya menjual 427.247 mobil di China selama kuartal pertama. Dan hanya 6 persen di antaranya adalah mobil listrik. Angka penjualan di atas dari data industri otomotif yang dikumpulkan oleh Bloomberg dan dilaporkan pada Rabu, 26 April.

Sebelumnya, produsen kendaraan listrik yang didukung Warren Buffett ini juga telah mewanti-wanti melalui CEO mereka Wang Chuanfu saat mengatakan berambisi untuk menyalip Volkswagen pada akhir 2023.

Menanggapi ini, CEO Volkswagen Oliver Blume sebelumnya juga mengatakan di Shanghai Auto Show awal bulan jika kompetisi dengan BYD akan sangat ketat.

"BYD sangat kuat. Tapi pada akhirnya ini bukan tentang volume. Kami ingin bisnis yang sukses, dan yang lebih penting adalah menjadi grup internasional terbaik di China,” kata Blume.

BYD telah menjual 1,86 juta unit kendaraan pada tahun 2022. Pabrikan itu kini menyumbang dua dari lima kendaraan listrik yang dijual di China pada kuartal pertama. 

Untuk pasar global, BYD menjual hampir 550.000 kendaraan di seluruh dunia pada kuartal pertama. Komitmen luar negeri diperkuat, di mana pasar Eropa, Amerika Latin dan Asia berada di depan. Namun BYD saat ini tidak memiliki kesepakatan penjualan dengan AS.