Bagikan:

JAKARTA - Mobil pikap terbaru Mitsubishi, All-New Triton, sukses mengarungi rintangan dalam ajang Asia Cross Country Rally 2023 (AXCR 2023).

Perlombaan yang berlangsung pada 13-19 Agustus lalu tersebut secara resmi selesai digelar dengan Team Mitsubishi Ralliart sukses menyelesaikan reli dengan hasil positif.

Ketiga mobil dari All-New Triton berhasil mencapai garis finish dengan raihan terbaik posisi ke-3 yang diraih oleh pembalap asal Thailand, Chayapon Yotha.

Direktur dari Team Mitsubishi Ralliart, Hiroshi Masuoka, mengatakan bahwa timnya telah melakukan segala upaya dalam reli AXCR 2023 karena rintangan yang sangat melelahkan. Walaupun tidak berhasil dengan kemenangan, ia mengatakan bahwa pihaknya cukup puas dengan raihan podium secara keseluruhan dengan mobil yang baru dikembangkan.

“Sayangnya kami tidak memenangkan kejuaraan untuk tahun kedua berturut-turut, namun kami mampu menyelesaikan reli dengan ketiga Triton tanpa kehilangan satu mobil pun, menggunakan spesifikasi yang hampir sama dengan mobil produksi massal dan menggunakan suku cadang dari produksi meyakinkan kami bahwa arah kami dalam produksi mobil berada di jalur yang benar," kata Masuoka dalam keterangannya, Senin, 21 Agustus.

Dengan mobil nomor 101, Chayapon Yotha berhasil mewakili Team Mitsubishi Ralliart di podium dan sukses mengoptimalkan performa dari All-New Triton di mana selalu berada di urutan lima besar dalam setiap stage.

Sedangkan untuk mobil 112 yang dikemudikan oleh Katsuhiko Taguchi, sukses meraih posisi ke-8 secara keseluruhan dalam debutnya di AXCR 2023. Pembalap asal Jepang tersebut sempat memimpin dalam SS1 pada hari pertama, namun ia tidak bisa memperoleh catatan waktu tercepat lainnya karena permasalahan yang dihadapi setelahnya.

Pembalap Indonesia, Rifat Sungkar, yang berada dalam mobil nomor 106 menyelesaikan AXCR 2023 dengan finish di posisi ke-32 secara keseluruhan, setelah mengalami beragam masalah seperti permasalahan pada sistem pendinginan yang diakibatkan oleh grill yang terhalang oleh rumput pada SS1 di hari pertama, sehingga harus memulai stage berikutnya pada posisi paling belakang.

Meskipun menghadapi berbagai rintangan dari posisi paling belakang, Rifat Sungkar sempat mencatatkan waktu tercepat pada SS5. Meskipun, itu tidak cukup mengantarkannya menyelesaikan reli di urutan teratas.

Perlombaan AXCR 2023 sendiri dimenangkan oleh Takuma Aoki dari Toyota Gazoo Racing Indonesia dengan mobil Toyota Fortuner nomor 105.

Kesuksesan Toyota Gazoo Racing Indonesia AXCR 2023 semakin lengkap dengan pembalap Indonesia, Tubagus Moerinsyahdi menyelesaikan reli dengan posisi ke-2 secara keseluruhan di balik kemudi Toyota Fortuner nomor 121.

Dalam gelaran AXCR 2023, pembalap dituntut untuk melajukan mobilnya hingga 2.000 km, termasuk lebih dari 1.000 km di special stage.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Asia Cross Country Rally 2023 memiliki medan yang beragam, mulai dari pegunungan, hujan lebat, jalan berlumpur, dan penyeberangan sungai.