Alfa Romeo Siap Panaskan Pasar SUV Mewah dengan Milano 2024
Pengenalan nama Milano oleh Alfa Romeo. (Dok. Stellantis)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah Tonale sukses mencuri perhatian, kini pabrikan Italia Alfa Romeo tersebut siap meluncurkan crossover kompak yang siap mengaspal pada 2024.

Adalah “Milano” nama yang dipilih Alfa Romeo untuk Sport Urban Vehicle pertama merek tersebut, nama Milano dipilih sebagai sebuah penghormatan terhadap kota kelahiran pabrikan ini.

Meski belum ada bocoran gambar resmi dari rilis perusahaan,14 Desember, atau detail teknis Milano masih ditutup rapat. Alfa Romeo hanya mengkonfirmasi bahwa Milano juga akan tersedia dalam versi EV, mengindikasikan kemungkinan adanya varian bensin atau hybrid.

Jika menilik saudaranya, Jeep Avenger, Milano kemungkinan besar akan berbagi dapur pacu. Artinya, mesin 1.2 liter turbo tiga silinder yang dikawinkan dengan sistem hybrid berpotensi hadir, menghasilkan tenaga sekitar 155 hp dan torsi 240 Nm.

Nah, untuk varian listriknya, diperkirakan baterai 53 kWh akan menopang motor listrik tunggal di roda depan, menghasilkan daya 154 hp dan torsi 192 lb-ft. Jarak tempuh versi listrik ini diprediksi mencapai 400 km dalam siklus WLTP.

Sayangnya, kehadiran model selain EV untuk Milano sedikit mencederai komitmen Alfa Romeo sebelumnya di mana hanya meluncurkan mobil listrik setelah Tonale.

"Kendaraan berikutnya setelah Tonale adalah BEV," ungkap Larry Dominique, kepala Alfa Romeo Amerika Utara, dilansir Carbuzz, 15 Desember.

Meski begitu, CEO Alfa Romeo Jean-Philippe Imparato tetap antusias.

"Dengan kedatangan Milano pada tahun 2024, Alfa Romeo melengkapi jajaran produk yang mampu memenuhi keinginan semua penggemar kami dan banyak lagi. Milano dimaksudkan sebagai 'selamat datang kembali' simbolis untuk semua penggemar kami,” kata Imparato, dalam rilis perusahaan.

Imparato juga menyebut Milano adalah tonggak pertama dalam proses transisi merek menuju listrik dan, seperti Tonale, juga memiliki tugas penting untuk lebih memperkuat kehadiran global Alfa Romeo.

Soal kapan Milano akan resmi diperkenalkan, Alfa Romeo masih merahasiakannya. Namun, mereka berjanji untuk membukanya lebih detail pada April 2024.