Tak Hanya Meneruskan Warisan, Alfa Romeo Luncurkan 33 Stradale dengan Desain Memukau
Alfa Romeo 33 Stradale. (Dok. Stellantis)

Bagikan:

JAKARTA - Alfa Romeo, pabrikan otomotif asal Italia, dikenal sebagai produsen mobil mewah yang telah menciptakan beberapa kendaraan berperforma mengagumkan dengan desain yang mencerminkan citra pabrikan tersebut.

Masih segar dalam ingatan ketika Alfa Romeo merilis 8C, salah satu mobil berbentuk coupe yang bertenaga yang memukau, pada tahun 2007. Setelah sukses dengan 8C, Alfa Romeo berkomitmen untuk menghadirkan mobil yang akan melanjutkan kejayaan tersebut.

Baru-baru ini, merek yang berada di bawah naungan perusahaan Stellantis ini memperkenalkan 33 Stradale. Mobil ini terinspirasi oleh salah satu mobil terindah yang pernah dihasilkan oleh Alfa Romeo pada tahun 1967 yang juga bernama sama.

3

Jean-Phillipe Imparato, CEO Alfa Romeo, menyatakan bahwa pembuatan 33 Stradale yang baru ini adalah upaya untuk menciptakan sesuatu yang terinspirasi oleh sejarah pabrikan namun tetap memiliki visi yang jelas untuk masa depan Alfa Romeo.

"Ini adalah mobil 'fuoriserie' (dibuat khusus) pertama dari merek ini sejak tahun 1969, dan saya berjanji ini bukan yang terakhir," kata Imparato dalam keterangan perusahaan, Rabu, 30 Agustus.

Alfa Romeo 33 Stradale memamerkan desain ala supercar dengan lekukan bodi yang memikat dan pintu kupu-kupu yang bisa terbuka ke atas, memberikan kesan yang sangat mencolok.

Mobil ini didasarkan pada monokok serat karbon yang dipasangkan dengan rangka H aluminium, sementara atapnya adalah hasil kombinasi dari kedua material tersebut. Bahkan, untuk mengurangi beratnya, bingkai jendela dibuat dari serat karbon, dan kaca belakangnya terbuat dari polikarbonat.

Interior Alfa Romeo 33 Stradale dirancang dengan sangat mewah. Terdapat dua tema yang ditawarkan, yakni Tributo yang lebih klasik dan Alfa Corse yang lebih sporty.

4

Kabin ini seperti sebuah kokpit dengan pedal aluminium di belakang roda kemudi tanpa gangguan apapun, karena Alfa ingin Anda fokus pada hal yang paling penting, yaitu pengalaman mengemudi. Interior ini menggabungkan kulit, serat karbon, aluminium, dan Alcantara yang nyaman.

Tentu yang menarik adalah mesinnya. Alfa Romeo 33 Stradale menggendong mesin twin-turbo V6 3.0 liter yang menghasilkan lebih dari 620 dk dan dikombinasikan dengan penggerak roda belakang.

Selain itu, Alfa Romeo juga ingin memperkuat posisinya sebagai pemimpin dalam penyediaan kendaraan elektrifikasi. Oleh karena itu, 33 Stradale akan hadir dalam versi EV.

Alfa Romeo 33 Stradale akan mengusung motor listrik 750 dk dan torsi 1.350 Nm yang mampu mencapai kecepatan tertinggi hingga 333 km/jam. Supercar ini juga akan dilengkapi dengan baterai yang memungkinkan mobil melaju hingga 450 km dengan satu kali pengisian daya.

Terkait