Bagikan:

JAKARTA - Industri otomotif di tahun 2023 ini dikejutkan dengan banyaknya peluncuran segmen supercar mewah yang memikat perhatian para pecinta otomotif di seluruh dunia.

Beberapa pabrikan raksasa berlomba-lomba dalam menghadirkan supercar terbaru yang tidak hanya mengandalkan kemewahan dan desain yang agresif, teknologi sesuai dengan perkembangan zaman namun juga performa yang mengesankan.

Berikut kelima daftar supercar terkencang yang diluncurkan pada tahun 2023 versi VOI:

Lamborghini Revuelto

7

Diluncurkan pada akhir Maret lalu, Lamborghini Revuelto meneruskan warisan dari Aventador yang tidak dilanjutkan produksinya. Model ini merupakan mobil pertama yang mengisi jajaran High Performance Electrified Vehicle (HPEV) dalam rangka merayakan hari jadi pabrikan yang ke-60 tahun.

Pabrikan berlogo ‘banteng mengamuk’ tersebut mempertahankan mesin V12 6.500 cc naturally-aspirated pada Revuelto digabungkan dengan tiga motor listrik dan transmisi kopling ganda delapan percepatan. Dengan demikian, supercar ini dapat berlari dari 0 ke 100 km/jam dalam 2,5 detik dengan meraih kecepatan tertinggi hingga 350 km/jam.

Bentley Continental GT Speed

6

Sebelum hanya menjadi brand EV mewah di masa depan, Bentley meluncurkan model mesin pembakaran internal (ICE) terbaru dalam model ‘Speed Edition 12’ pada Mei lalu, Salah satu model dalam edisi ini adalah Continental GT Speed.

Bersama dengan Flying Spur dan Bentayga, Continental GT Speed edisi khusus ini hanya tersedia dalam 120 unit. Model ini merupakan salah satu kendaraan dari merek mewah tersebut yang mengusung mesin W12 yang sangat dihormati di dunia otomotif, sebelum pabrikan menghentikan produksinya pada 2024 mendatang.

Berbicara soal performa, sedan mewah tersebut mengusung mesin W12 6.000 cc twin-turbocharged yang mampu mengirimkan tenaga hingga 641 dk dan torsi maksimal 900 Nm. Menurut laman perusahaan, mobil ini dapat berlari dari 0 ke 100 km/jam dalam 3,6 detik dengan kecepatan maksimal hingga 335 km/jam.

Alfa Romeo 33 Stradale

8

Alfa Romeo meluncurkan 33 unit 33 Stradale spesial pada bulan Agustus lalu dalam rangka melanjutkan kesuksesan dari salah satu model tersukses pabrikan, yakni 8C. Mobil ini terinspirasi oleh salah satu mobil terindah yang pernah dihasilkan oleh Alfa Romeo pada tahun 1967 yang juga bernama sama.

Mobil ini memiliki mesin twin-turbo V6 3,0 liter yang dapat menghasilkan tenaga mencapai 620 dk berkat transmisi dual-clutch delapan percepatan disertai sistem penggerak roda belakang (RWD). Dengan demikian, mobil dengan desain eksotis tersebut dapat mengebut dari 0 ke 100 km/jam dalam waktu dibawah 3 detik dengan kecepatan maksimal hingga 333 km/jam.

Aston Martin DB12

7

Meneruskan warisan dari DB11, Aston Martin meluncurkan DB12 pada Mei lalu yang bertepatan dengan perayaan ulang tahun perusahaan ke-110 tahun dan ke-75 tahun kelahiran model DB yang legendaris.

Mobil yang disebut sebagai ‘Super Tourer’ tersebut oleh pabrikan diklaim akan menawarkan pengalaman dan performa terbaru bagi pecinta Aston Martin dan supercar di seluruh dunia.

Dengan demikian, supercar teranyar ini dibekali oleh mesin V8 4,0 liter twin-turbo yang dapat menghasilkan tenaga mencapai 670 dk dan torsi 800 Nm. Sehingga, model ini dapat berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam 3,5 detik dengan kecepatan tertinggi 325 km/jam.

Ferrari Roma Spider

9

Yang terakhir, model yang berasal dari pabrikan berlogo ‘kuda jingkrak’, Ferrari. Merek otomotif asal Italia ini memperkenalkan Roma Spider, model Roma versi roadster yang memakai soft top yang terbuat dari material ringan.

Sama seperti versi coupe yang diluncurkan beberapa tahun lalu, Roma Spider dibekali dengan mesin V8 twin-turbocharged 3,9 liter yang terhubung dengan girboks kopling ganda delapan percepatan dan menghasilkan daya hingga 620 dk dengan kemampuan berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam waktu 3,4 detik dan mengebut hingga 320 km/jam.

Nah, secara keseluruhan selain lima daftar di atas cukup banyak supercar lain yang diluncurkan di tahun ini. Patut dinantikan supercar terkencang apa saja yang akan diluncurkan pada tahun depan.