Bagikan:

JAKARTA - Produsen mobil startup asal Cina bernama Polestones Automobile (bukan Polestar yang juga milik Cina) baru saja mengungkapkan model pertamanya yang diberi nama Polestones 01. 

Nama dan desainnya sepertinya terinspirasi dari mobil merek lain yang sudah ada karena produsen mobil Cina terkenal suka meniru. Nah, Polestones 01 tampak sangat mirip dengan Land Rover Defender dan Lexus GX yang baru dengan desain kotak-kotak. Yang menarik, menurut laporan Carbuzz, 30 Agustus, desain mobil ini datang dari Tim Pininfarina Shanghai. Amat disayangkan karena Pininfarina mampu membuat mobil-mobil yang cantik, jadi mengapa harus terlalu banyak 'meminjam desain' dari produsen lain?

4

Interior Polestones 01 luar biasa. Polestones menawarkan konfigurasi tujuh kursi yang praktis atau tata letak enam kursi yang lebih mewah dengan kursi recliner gaya pesawat di baris kedua. Penumpang belakang dapat bersandar, bersantai, dan menonton film di layar yang dipasang di atap. Bahkan ada kamera cermin untuk memastikan pengemudi masih bisa melihat belakang mobil meskipun layar diturunkan. Kursi depan dan belakang dilengkapi dengan pemanas, ventilasi, dan pijatan jika memilih tata letak enam kursi. Terdapat layar sentuh besar yang terpasang di dasbor, yang mengontrol ventilasi udara yang tersembunyi (seperti Tesla). Sistem penyaringan udara juga disertakan dan dapat mengeluarkan ion negatif.

3

Di bawah kap mesin, Polestones 01 menggunakan mesin empat silinder berkapasitas 1,5 liter sebagai bagian dari "sistem pembangkit daya perpanjangan jangkauan." Mesin ini tidak menggerakkan roda, melainkan bertindak sebagai generator untuk paket baterai CATL.

Sistem dengan dua motor ini menghasilkan tenaga sebesar 470 dk, dan Polestones mengklaim mobil ini dapat melakukan perjalanan sejauh 235 kilometer hanya dengan tenaga listrik. Begitu mesin bensin aktif untuk memperpanjang jangkauan, mobil ini dapat menempuh hingga 1.115 kilometer. Angka-angka ini dicapai dalam Uji Kendaraan Ringan Cina (CLTC), yang biasanya memberikan angka jangkauan lebih tinggi daripada uji EPA di Amerika Serikat.

Namun bagian paling keren dari mobil ini adalah adanya dapur di bagasi. Pintu belakangnya memiliki "sistem restoran" dengan kompor induksi, dispenser air, tempat penyimpanan, dan tempat kerja.

6

Untuk meningkatkan pengalaman berkemah di luar ruangan, ada juga tenda mobil 270 derajat yang hanya butuh lima menit untuk dipasang. Jika memilih model tujuh kursi, baris kedua dan ketiga bahkan dapat dilipat untuk memuat ranjang king-size.

Harga Polestones 01 jika dirupiahkan mulai dari Rp737 juta untuk versi tujuh kursi dan Rp757 juta untuk versi enam kursi.