Alfa Romeo Mengisyaratkan Pengganti Stelvio pada 2026
Alfa Romeo Stelvio (sumber : Stellantis)

Bagikan:

JAKARTA - Merek mobil asal Italia, Alfa Romeo mengonfirmasi bahwa penerus dari Alfa Romeo Stelvio dan juga sebuah sedan akan hadir pada tahun 2026. Mobil tersebut akan ditenagai oleh listrik.

Mobil ini nantinya akan mengusung gaya yang mirip dengan Stelvio produksi saat ini dan akan dibekali platform STLA Large milik Stellantis, yang nantinya juga akan digunakan pada sedan listrik terbaru Alfa Romeo.

Ini juga meneruskan apa yang sudah Alfa Romeo capai dengan menjadi penjualan terbanyak untuk pasar Eropa, sebanyak 16.009 unit telah terjual tahun lalu.

Alfa Romeo akan menghadirkan sedan listrik tersebut pada satu tahun setelah penerus SUV Stelvio dirilis. Mereka akan berfokus pada kenyamanan dan jangkauan, ini akan menjadi langkah penting untuk pabrikan mendongkrak popularitas untuk pasar AS dan China.

Dilansir dari Autocar, Kamis, 6 April, Imparato mengisyaratkan bahwa ini akan muncul sedan terbaru di masa mendatang.

"Jika anda berbicara soal jangkauan, anda berbicara mengenai sedan," kata Imparato seperti yang dikutip oleh Autocar, Kamis, 6 April 2023.

Mobil tersebut dikabarkan akan memiliki desain yang ramping dan dari segi aerodinamis akan dioptimalkan yang dapat membantunya menjaring jangkauan maksimum yang tinggi dan juga akan menyamai rivalnya seperti Lucid Air dan Mercedes-Benz EQS.

Dengan platform STLA yang berasal dari Stellantis, mobil ini dapat menggunakan baterai berkapasitas kWh yang dapat menjangkau lebih dari 724 km.

Hal ini disetujui oleh Imparato, yang sebelumnya menyatakan bahwa pengganti untuk Alfa Romeo Giulia sudah dikonfirmasi dari mobil listrik, yang nantinya akan berbagi platform dengan penerus Stelvio, yang diperkirakan dapat melaju dengan jangkauan sekitar 700 km menurut WLTP.

Mengingat bahwa sedan dan SUV ini akan berbagi platform yang sama, kemungkinan juga mereka akan berbagi drivetrain yang akan disematkannya yang memungkinkan akan bertenaga mulai dari 340 dk hingga varian sporty nya sekitar 779 dk.

Kemungkinan juga dua model EV terbaru ini akan berbagi pabrik Alfa Romeo yang sama, yakni di Cassino, Italia, namun ini belum dikonfirmasi secara resmi.