Tonale, Mobil Hybrid Besutan Alfa Romeo yang Akan Dilengkapi Fitur Alexa
Alfa Romeo, segera produksi Tonale dengan kemewahan tersendiri. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Pabrikan mobil Stellantis pada Selasa, 8 Februari meluncurkan kendaraan sport kompak (SUV) Alfa Romeo Tonale yang baru. Lewat produk ini pembuat mobil asal Italia itu bertujuan untuk memperluas pasar premium dan menambah kendaraan listrik dan interkoneksi ke dalam jangkauannya.

Model baru, ini akan bersaing di segmen yang dihuni oleh beberapa mobil premium paling populer di Eropa seperti BMW X1, Mercedes GLA dan Audi Q3 Volkswagen.

Produsen mobil terbesar keempat di dunia berencana untuk menghabiskan lebih dari 30 miliar euro (Rp492 triliun) hingga tahun 2025 untuk menggemparkan jajaran kendaraannya dan meningkatkan konten perangkat lunaknya untuk mengejar para pesaing, termasuk Tesla.

Tonale menyertakan fitur asisten suara Amazon Alexa sebagai fitur bawaan. Pemilik akan dapat memilih mobil mereka sebagai tempat pengiriman, memungkinkan kurir untuk membuka kunci pintu dengan aman dan meninggalkan paket di dalam kendaraan.

"Ini menandai langkah ke arah grup kami menjadi perusahaan teknologi," kata kepala merek, Jean-Philippe Imparato saat presentasi web, yang dikutip Reuters.

Tonale baru, yang akan dibangun di pabrik Pomigliano Italia dekat Naples, adalah kendaraan listrik pertama Alfa Romeo dan awalnya ditawarkan dalam model hybrid ringan serta model mesin diesel. Versi hibrida plug-in, dengan jangkauan listrik hingga 80 kilometer, akan tiba akhir tahun ini.

Imparato tidak memberikan perincian tentang kapan versi serba  listrik dari mobil akan dirilis. Harga penjualan diharapkan akan diumumkan sebelum pesanan dibuka pada bulan April depan.

Beberapa analis mengatakan merek Alfa Romeo bisa menjadi bagian dari strategi Stellantis di China, pasar mobil terbesar di dunia saat ini. Di negara itu mreka jauh tertinggal dari sebagian besar pesaing.

Imparato telah menjanjikan rilis model baru untuk Alfa Romeo setiap tahun hingga 2026, dimulai dengan Tonale 2022. Ini harus mencakup SUV berukuran lebih kecil, diharapkan akan dibangun di Polandia. Baca selengkapnya

"Mulai 2027, semua kendaraan baru Alfa Romeo akan serba listrik," ujarnya.

Stellantis dibentuk tahun lalu melalui penggabungan Fiat Chrysler dan pembuat Peugeot PSA, dan merupakan rumah bagi 14 merek, termasuk Jeep, DS dan Lancia terlaris di segmen premium dan Maserati di segmen mewah.

Alfa Romeo Tonale baru didasarkan pada arsitektur Fiat Chrysler sebelumnya, sedangkan model Stellantis pertama yang dibangun pada platform bersama baru diharapkan mulai tahun depan.