Microsoft Jajaki Pembelian Mandiant untuk Perkuat Jajaran Keamanan Siber
Microsoft tengah mempersiapkan pembangunan keamanan siber untuk produknya. (foto: dok. Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Microsoft Corp, diberitakan oleh Bloomberg News, sedang mempertimbangkan kesepakatan untuk membeli perusahaan keamanan siber Mandiant Inc, Selasa, 8 Februari.

Pembicaraan tersebut mungkin tidak menghasilkan tawaran apa pun, menurut laporan itu. Namun dampak pembicaraan itu langsung dirasakan. Kini saham Mandiant naik lebih dari 18%, sedangkan Microsoft naik 1,1% pada perdagangan Selasa sore.

Mandiant menjadi entitas mandiri lagi tahun lalu ketika FireEye Inc, yang mengakuisisi perusahaan pada 2013,  menjual bisnis produknya dan nama FireEye seharga 1,2 miliar  dolar AS kepada sebuah konsorsium yang dipimpin oleh perusahaan ekuitas swasta Symphony Technology Group.

Dilaporkan oleh Reuters, Mandiant, yang memiliki kapitalisasi pasar sekitar  3,6 miliar dolar AS, kini fokus pada pengembangan teknologi yang merespon  insiden siber dan pengujian keamanan siber.

Kesepakatan untuk membeli Mandiant, akan membantu Microsoft meningkatkan produknya guna melindungi kliennya dari ancaman keamanan siber. Raksasa perangkat lunak itu juga telah membeli dua perusahaan keamanan siber yang lebih kecil pada tahun 2021 dan mengatakan akan menghabiskan  20 miliar dolar AS untuk pengembangan keamanan siber selama lima tahun ke depan.

Sayang Microsoft tidak segera menanggapi permintaan komentar atas pemberitaan ini. Begitu pula dengan Mandiant menolak berkomentar.

Melihat ancaman keamanan siber yang semakin canggih dan marak di seluruh dunia, Microsoft ditengarai sedang mempersiapkan diri menjadi penghasil  produk yang lebih tahan terhadap ancaman siber di masa depan.