Bagikan:

JAKARTA - Setelah 25 tahun malang melintang menjalani kiprahnya, Audi TT menghadapi masa senja. Pabrikan asal Jerman ini baru saja merilis edisi terakhir dari model ikonik ini untuk pasar global.

Melalui unggahan resmi Instagram @audi_de pada Kamis, 23 November, terlihat unit terakhir dari mobil sport Audi TT keluar dari jalur produksi di Hungaria.

Model terakhir, TTS Coupe generasi ketiga, tampak dihiasi dengan bunga, dikelilingi oleh konsep TT Coupe dan TT Roadster, serta model-model sebelumnya. Angka 662.762 unit yang tertera menandakan total produksi Audi TT sejak 18 Februari 1998 hingga 10 November 2023.

Audi TTS edisi terakhir ini tampil dengan warna Chronos Gray Metallic yang dipadukan dengan aksen Dark Chrome yang mewah. Selain desain yang elegan, mobil ini menawarkan performa yang memikat.

Didukung oleh mesin 2,0 liter TFSI 4-silinder, Audi TTS mampu menghasilkan tenaga hingga 315 dk. Meskipun bukan varian paling bertenaga dari TT generasi ketiga yang berbasis MQB, namun posisinya kedua setelah varian RS yang menggunakan mesin lima silinder 2,5 TFSI dengan tenaga hingga 394 dk.

Menurut laman resmi perusahaan, Audi masih menyediakan 540 unit model ini di Eropa dengan harga mulai dari 45.444 hingga 104.977 euro (sekitar Rp771,6 juta-Rp1,7 miliar) tergantung pada versi dan opsi lainnya.

Audi juga baru-baru ini memperkenalkan Audi TT Roadster Final Edition dengan produksi terbatas sebanyak 50 unit di Amerika Utara. Spesial perpisahan serupa telah debut pada awal 2023 di berbagai pasar, termasuk Final Edition untuk Inggris, Memorial Edition untuk Jepang, dan TT 45 TFSI edisi terbatas untuk Spanyol.