Bagikan:

JAKARTA - Mengawali awal tahun 2024, Audi memperkenalkan SUV Listrik Q8 e-tron edisi Dakar, sebuah langkah maju perpaduan mobil jalan raya dan off-road tangguh untuk melibas berbagai medan jalan. 

Diketahui dari rilis perusahaan, 3 Januari, Q8 e-tron edisi Dakar terinspirasi dari Reli Dakar yang terkenal di dunia, kendaraan off-road ini menawarkan peningkatan ground clearance, elemen desain yang mencolok, dan drivetrain yang bertenaga. 

7

Hasilnya, Q8 e-tron edition Dakar memiliki ground clearance yang ditingkatkan sebesar 31 mm dari versi standar, dan dilengkapi dengan ban segala medan General Grabber AT3 yang menjanjikan peningkatan akselerasi dan pengereman di permukaan yang longgar.

Dibangun berdasarkan Q8 e-tron 55 , mobilnya ini ditenagai oleh baterai bersih 106 kWh dan drivetrain dengan dua motor, Dakar edisi Q8 e-tron menghasilkan 300 kW dalam mode boost, mendorongnya dari 0 hingga 100 km/ jam hanya dalam 5,8 detik. Sementara, jangkauan baterai yang dihasilkan mencapai 487 km berdasarkan perhitungan WLTP. 

9

Selain itu Q8 e-tron edition Dakar tampil menonjol dengan eksteriornya yang khas. Lengkungan roda yang melebar memberikan kesan percaya diri, lalu stiker opsional yang terinspirasi oleh RS Q e-tron yang legendaris menambahkan sentuhan eksklusivitas. 

Q8 e-tron edition Dakar tersedia hanya dalam tiga warna terdiri dari Siam Beige metallic, Mythos Black metallic, dan Magnetic Grey. Mobil satu ini hanya tersedia 99 unit dan nomor seri akan disematkan pada bagian pilar D. 

9

Bicara fitur tak perlu diragukan lagi, dimana dilengkapi dengan lampu depan dan belakang LED matriks, pelindung matahari berwarna, dan interior garis S dengan jok sport hanyalah permulaan. Paket jahitan Audi Sport berwarna merah menambah sentuhan sporty pada kabinnya. Tampilan head-up, sistem operasi MMI yang disempurnakan dengan informasi sudut kemiringan, dan gambar latar belakang bertema MMI untuk edisi Dakar menambah pengalaman berkendara yang impresif. 

Menariknya edisi ini juga disematkan paket penyimpanan dan kompartemen bagasi, rak atap, dan soket pengisi daya kedua untuk baterai bertegangan tinggi, memenuhi kebutuhan para pencari petualangan. Tak hanya itu saja, dilengkapi juga satu set ban untuk jalan raya, selain ban segala medan yang memang menjadi standar.

Sayang, harga untuk satu unit Q8 e-tron edisi Dakar belum diungkapkan.