Sukses di 2023, Audi Bakal Hadirkan Tiga Model Ini di India Termasuk Q8 Facelift
Audi Q8. (Dok. Autocar India)

Bagikan:

JAKARTA - Audi India meraup hasil positif di tahun 2023 dengan sukses mencatatkan pertumbuhan 88 persen dalam sembilan bulan pertama, atau total membukukan penjualan lebih dari 5.500 unit.

Dikutip dari laman Autocar India, merek asal Jerman ini pada tahun 2023 menambah portofolionya dengan menghadirkan Q3 Sportback, Q8 e-tron, dan Q8 e-tron Sportback. Lantas apa saja model untuk tahun depan? 

Dikabarkan untuk tahun 2024, Audi akan menghadirkan setidaknya dua facelift dan kendaraan listrik serba baru ke India. Pertama ada Audi Q8 facelift, namun perubahannya hanya bersifat ringan di mana terjadi pada bagian lampu depan yang hadir HD Matrix LED. 

Sementara itu, mobil satu ini masih menggendong mesin yang sama yaitu turbo V6 3.0 liter yang dipadukan dengan transmisi otomatis delapan kecepatan. Artinya memang tak banyak yang berubah. 

Selain Q8, Audi A6 facelift yang diumumkan untuk pasar internasional pada tahun lalu juga akan hadir di India. Nantinya akan ada perubahan pada bagian eksterior maupun interior dan penambahan beberapa fitur baru yang sangat menarik. 

Untuk Eksterior A6 yang diperbarui akan mendapatkan lampu depan LED matriks yang direvisi dengan tampilan DRL yang lebih bersih, bersama dengan grill bingkai tunggal yang lebih menonjol. Juga akan ada satu set velg baru yang ditawarkan. Mesin bensin turbo hybrid ringan 2.0 liter yang bertenaga 245 hp dan otomatis kopling ganda 7 kecepatan diperkirakan tidak akan berubah.

Terakhir ada Q6 e-tron, SUV listrik baru yang didasarkan pada Premium Platform Electric (PPE) yang baru dikembangkan Audi, yang dilengkapi teknologi baterai dan pengisian daya terbaru serta arsitektur elektronik 'E3' baru dari merek tersebut.  

Model ini diperkirakan akan meluncur juga di India, dimana akan memiliki jangkauan 600 km. Namun demikian belum banyak informasi yang didapat tentang mobil ini, hanya saja bagian interiornya akan mencakup teknologi infotainment baru Audi dengan layar ganda dalam tata letak melengkung. Seperti namanya, Q6 e-tron kemungkinan besar merupakan SUV elektrik Audi yang lebih kecil dan terjangkau, yang berada di bawah Q8 e-tron.