Bagikan:

JAKARTA - Sembilan bulan pasca peluncuran dari facelift Q8, Audi kini perluas jajaran model ini dengan menghadirkan penyegaran pada RS Q8 dan RS Q8 Performance sebagai tipe tertinggi dalam seri ini.

Melansir dari Carscoops, Selasa, 25 Juni, pabrikan telah melengkapinya dengan perangkat disc pengereman berukuran 420 mm kaliper 10-piston di depan dan belakang berukuran 370 mm untuk RS Q8. Sedangkan, varian RS Q8 Performance memiliki cakram rem karbon 440 mm di depan dan 370 mm sebagai standar.

4

Pada varian Performance, pengeremannya akan ditutupi pelek 23 inci light-alloy yang memiliki bobot lebih ringan dibandingkan dengan ukuran 22 inci yang menjadi standar.

Secara desain eksterior, keduanya memiliki kesamaan dengan Q8 standar yakni memiliki penggunaan grill singleframe yang kini memiliki elemen segi delapan. Bagian saluran udara depan juga mendapatkan desain ulang untuk mengoptimalkan performa kendaraan dalam hal aerodinamika.

Seperti model-model Audi terbaru lainnya, baik RS Q8 maupun Performance kini dilengkapi dengan lampu depan HD Matrix yang canggih, termasuk sinar laser High Beam yang akan secara otomatis aktif ketika kendaraan mencapai kecepatan 70 km/jam.

Kedua model ini ditawarkan dengan tiga opsi warna metalik terbaru, yakni Sakhir Gold, Ascari Blue, dan Chili Red. RS Q8 kini dilengkapi dengan kaca spion hitam gloss, spoiler depan, trim jendela, dan diffuser belakang yang mempesona.

3

Sementara itu, RS Q8 Performance memiliki kaca spion karbon matte, sejumlah elemen pada bagian depan, dan diffuser belakang berwarna abu-abu matte.

Pabrikan berlogo ‘empat cincin’ ini juga akan ditawari dengan tiga paket desain RS berwarna merah, abu-abu, dan biru di bagian interiornya. Paket ini termasuk setir kemudi alcantara, konsol tengah berlapis microfiber dinamica, dan kursi sport agresif.

Demi mendukung kesenangan dalam berkendara, Audi memberi stabilisasi roll aktif elektromekanis untuk mengurangi pergerakan lateral bodi. Sistem ini terdiri dari dua motor listrik kecil yang ditempatkan di antara dua bagian stabilizer dan, dalam garis lurus, kedua bagian tersebut dilepas untuk mengurangi pergerakan tubuh di jalan yang tidak rata.

Alat ini dapat bekerja ketika mobil bermanuver berbelok, membuat motor memutar stabilisator ke arah yang berlawanan satu sama lain sehingga mengurangi kemiringan. Semua model RS Q8 akan hadir dalam penggerak semua roda (AWD) sebagai standar.

Dari segi performa, kedua model ini memiliki mesin 4,0 liter twin-turbocharged V8. Model RS Q8 memiliki tenaga sebesar 592 dk dan torsi 800 Nm sehingga mampu berlari dari 0 ke 100 km/jam dalam 3,8 detik dengan kecepatan tertinggi 250 km/jam.

Sementara itu, RS Q8 Performance memiliki tenaga dahsyat 632 dk dan torsi 850 Nm yang dapat melaju dari 0 ke 100 km/jam dalam 3,6 detik dengan kecepatan tertinggi mencapai 280 km/jam. Audi mengklaim bahwa ini merupakan mesin ICE seri-produksi paling bertenaga dalam sejarah merek. Demi memuaskan hasrat pecinta mobil, SUV ini diberi sistem pembuangan yang menghasilkan suara lebih gahar dari biasanya.

Kedua mobil ini akan dipasarkan di Eropa dan tersedia dalam pemesanan mulai 27 Juni ini dengan harga mulai dari 141.900 euro (Rp2,4 miliaran) untuk RS Q8 dan Performance senilai 155.700 euro (Rp2,7 miliaran).