Bagikan:

JAKARTA - Generasi ketiga Peugeot 3008 yakni Peugeot e-3008 melakukan debut global pada bulan September lalu. Mobil dengan teknologi canggih dan desain futuristik ini kini mulai dijual untuk pasar Inggris.

Dilansir dari laman Autocar, Kamis, 23 November, model 3008 versi EV tersebut dibanderol dengan harga mulai dari 45.850 poundsterling atau setara dengan Rp891,7 jutaan pada varian awal, yakni Allure.

Untuk varian GT, pelanggan hanya perlu menambahkan biaya sebesar 3.800 poundsterling atau setara dengan Rp73,9 jutaan. Mobil ini akan diproduksi di Sochaux, Prancis, dan akan dikirimkan ke pasaran pada Februari 2024 mendatang.

8

Peugeot e-3008 memiliki dimensi sedang dengan panjang 4.540 mm, lebar 1.890 mm, dan tinggi 1.640 mm. Dengan ukurannya yang cukup ringkas, SUV tersebut akan mewakili Peugeot untuk bersaing di segmen C 100 persen SUV bertenaga listrik.

Sama seperti model Peugeot yang ada, e-3008 dihadirkan dengan desain lampu tiga cakar pada bagian depan sebagai ciri khas pabrikan. Grill ditampilkan lebih radikal dari model lainnya.

6

Berpindah ke bagian dalam, sistem infotainmen Panoramic i-Cockpit juga diterapkan pada model tersebut. Bagian interior juga menampilkan layar panorama melengkung berukuran 21 inci yang membentang dari belakang kemudi hingga ke tengah dasbor.

Mobil ini lebih terlihat mewah dengan instrumen kluster digital terbaru, pencahayaan LED ambient delapan warna berbeda, dan roda kemudi yang telah didesain ulang. Terdapat beberapa fungsi interior kabin yang lebih praktis menggantikan tombol konvensional.

Kehadiran Peugeot e-3008 juga menandai kembalinya sistem touchpad i-Toggle dan pemilih gigi telah berpindah ke dasbor di sebelah tombol start mobil. Dalam e-3008, pengguna dapat memilih berbagai mode berkendara yang terdiri dari Normal, Eco, Sport, dan 4WD.

6

SUV bergaya coupe tersebut juga menjadi model pertama dari merek tersebut yang akan menggunakan platform terbaru Stellantis, yakni STLA Medium, menjanjikan perubahan besar dalam hal kinerja dan lebih fungsional dibandingkan dengan platform lama PSA Group.

Selain itu, ada tiga opsi powertrain yang ditawarkan, yakni varian penggerak dua roda dengan pilihan tenaga hingga 210 dk dan 227 dk dan motor listrik ganda penggerak empat roda dengan tenaga hingga 321 dk.

Peugeot menawarkan dua opsi baterai dengan jarak tempuh yang berbeda-beda, yakni 73 kWh yang dapat melaju hingga 525 km dan 98 kWh dengan 700 km dalam sekali pengisian daya.

Sama seperti mobil listrik lainnya, Peugeot e-3008 dapat kompatibel dengan sistem pengisian AC dan DC. Untuk AC, mobil ini dapat diisi daya dengan tenaga pengisian 11 kW dan pengisi daya cepat DC berkekuatan hingga 160 kW.

Dengan demikian, Peugeot akan memperkuat jajaran model elektrifikasinya setelah sebelumnya pabrikan asal Prancis tersebut memperkenalkan tujuh jajaran model EV yang akan diluncurkan hingga 2030 menggunakan konsep Inception.