SUV LIstrik e-3008 Meluncur pada 12 September, Tambah Jajaran Elektrifikasi Peugeot
Model pratinjau Peugeot e-3008 diselimuti livery kamuflase. (Dok. Peugeot

Bagikan:

JAKARTA - Dalam rangka memperkuat lini elektrifikasinya, Peugeot dikabarkan akan meluncurkan SUV berpenggerak listrik pada 12 September mendatang.

Mobil SUV tersebut disebut sebagai Peugeot e-3008 dengan perubahan radikal serta mengusung teknologi mutakhir.

Dilansir dari Autocar, Senin, 4 September, gambar mobil dengan stiker kamuflase telah tersebar di sosial media, Peugeot e-3008 akan menjadi model pertama yang dilengkapi fitur pembaruan i-Cockpit.

Sistem infotainmen terbaru ini akan diterapkan pada sebagian besar model Peugeot. Bagian interior juga menampilkan layar panorama melengkung berukuran 21 inci yang membentang dari belakang kemudi hingga ke tengah dasbor.

Mobil ini lebih terlihat mewah dengan instrumen kluster digital terbaru, pencahayaan LED ambient, dan roda kemudi yang telah didesain ulang. Terdapat beberapa fungsi interior kabin yang lebih praktis menggantikan tombol konvensional.

Kehadiran Peugeot e-3008 juga menandai kembalinya sistem touchpad i-Toggle dan pemilih gigi telah berpindah ke dasbor di sebelah tombol start mobil.

Peugeot e-3008 juga menjadi model pertama dari merek tersebut yang akan menggunakan platform terbaru Stellantis, yakni STLA Medium, menjanjikan perubahan besar dalam hal kinerja dan lebih fungsional dibandingkan dengan platform lama PSA Group.

Selain itu, ada tiga opsi powertrain yang ditawarkan, termasuk motor listrik ganda dengan sistem penggerak empat roda. Dikabarkan bahwa ini akan memberi daya jangkauan hingga 700 km.

Sementara, versi listrik dari Peugeot 5008 yang lebih besar juga akan memakai platform, powertrain, dan baterai yang sama dengan Peugeot e-3008.

Dengan demikian, Peugeot akan memperkuat jajaran model elektrifikasinya setelah sebelumnya pabrikan asal Prancis tersebut memperkenalkan tujuh jajaran model EV yang akan diluncurkan hingga 2030 menggunakan konsep Inception.

Tiga model di antaranya bisa dipastikan ialah e-3008, yang diposisikan antara e-2008 dan e-5008. Masing-masing model memiliki proporsi yang lebih gagah dibandingkan pendahulunya dan tidak akan jauh berbeda dengan model konsepnya.