Bagikan:

JAKARTA - Stellantis, perusahaan otomotif multinasional yang menaungi berbagai merek, berencana untuk memperluas jajaran elektrifikasinya dengan segera menghadirkan Peugeot 5008 versi EV pada Agustus tahun depan.

Mobil listrik generasi terbaru akan menggantikan model bermesin konvensional beremisi. Perusahaan juga mengatakan bahwa SUV tersebut sedang dalam pengerjaan dan bukanlah sebuah kejutan mengingat model ini tertangkap kamera mata-mata ketika tengah uji coba.

Stellantis mengatakan bahwa model ini akan diluncurkan bersamaan dengan berbagai model mobil listrik lain seperti Peugeot e-408, Fiat 600e, dan Fiat Topolino.

Dilansir dari Carscoops, Kamis, 2 November, mobil ini akan didasari oleh platform STLA Medium, yang sama seperti Peugeot 3008. Teknologi ini membantu performa EV jajaran Stellantis dapat menjangkau hingga 700 km dalam sekali pengisian daya.

Diketahui Peugeot 5008 merupakan salah satu model terpopuler yang ada di jajaran merek asal Prancis dengan telah terjual sebanyak 34.560 unit selama September tahun ini atau meningkat cukup signifikan bila dibandingkan dengan tahun lalu, sebanyak 26.425 kendaraan.

Generasi terbaru dari 5008 diperkirakan akan hadir dengan mengadopsi filosofi desain yang sama seperti jajaran mobil Peugeot lainnya. Kemungkinan SUV tersebut akan memiliki fasia depan 5008 dengan lampu depan HED dan DRL yang serupa seperti 3008 dengan bentuk grill yang radikal.

Powertrainnya sendiri belum diungkap, diperkirakan merek berlogo ‘Singa’ tersebut akan menawarkan dua versi, hybrid dan EV pada 5008. Itu berarti, untuk hybrid SUV tersebut akan dibekali dengan mesin bensin PureTech 1,2 liter turbocharger dengan baterai 48V terhubung dengan motor listrik, sehingga menghasilkan daya hingga 134 dk dan torsi 230 Nm.

Kemudian, versi EV akan memiliki paket baterai 73 kWh atau yang lebih tinggi seperti 98 kWh, yang sama seperti e-3008. Ini membuat mobil tersebut dapat bergerak dengan tenaga antara 207 dk hingga 316 dk.