Bagikan:

JAKARTA - Royal Enfield, produsen kendaraan motor asal India, merilis lini model Shotgun 650 yang baru setelah tampil dalam versi kustom edisi terbatas saat Royal Enfield Motoverse 2023 di Goa, bulan lalu.

Motor bergaya klasik ini mengusung sejumlah fitur dan spesifikasi baru yang membuatnya lebih nyaman dan bertenaga. Salah satu perubahan yang paling terlihat adalah penggunaan pelek 18 inci dan 17 inci. Ukuran pelek ini disesuaikan dengan penyetelan suspensi garpu terbalik pada bagian depan dan shock absorber di belakang.

Dengan perubahan ini, posisi duduk pengendara menjadi lebih tegak dan nyaman. Jarak wheelbase yang lebih pendek juga membuat motor ini lebih mudah dikendalikan. Sementara, selain tersedia dengan jok tunggal Royal Enfield juga memberi opsi jok penumpang untuk model ini.

7
Caption

Dilansir Autocar India, Rabu, 13 Desember, Shotgun 650 juga memiliki bobot yang lebih ringan 1 kg dibandingkan pendahulunya. Hal ini membuat motor ini lebih responsif dan lincah.

Dari sektor pengereman, Shotgun 650 mengusung kaliper rem mengambang dari ByBre dua piston dan cakram 320 mm pada bagian depan. Di bagian belakang, motor ini menggunakan kaliper mengambang yang sama dengan cakram 300 mm.

Shotgun 650 memiliki desain yang mirip dengan Super Meteor. Motor ini memiliki lampu depan LED bundar, pod navigasi Tripper, dan Anti-Lock Bracking System (ABS) ganda.

Untuk dapur pacu, Shotgun 650 mengusung mesin parallel-twin berkapasitas 648 cc yang menghasilkan 47 dk dan torsi 52,3 Nm. Mesin ini sama dengan mesin yang digunakan pada Super Meteor.

Sayangnya, Royal Enfield belum mengungkapkan harga dari motor ini. Namun, mereka menyediakan beberapa pilihan warna, terdiri dari Green Hill, Plasma Blue, Sheet Metal Grey, dan Stencil White. Pabrikan memastikan bahwa motor ini akan tersedia untuk pasar global pada 2024 mendatang.