Bagikan:

JAKARTA - Bukan sebuah rahasia bila pabrikan seperti Jaguar telah mencanangkan akan menjadi brand EV sepenuhnya di masa depan dan perlahan akan meninggalkan mesin pembakaran (ICE). Salah satu model ICE yang tidak melanjutkan produksi di masa depan ialah F-Type.

Merek dari Britania Raya ini telah memproduksi unit terakhir dari F-Type yang dirakit di pabrik Castle Bromwich, Inggris. Karena ini merupakan unit terakhir, model tersebut akan dimuseumkan dalam koleksi “Jaguar Heritage”.

“Hari ini, saat kami merayakan F-TYPE dan 75 tahun sejarah mobil sport inovatif. Kami juga menantikan dimulainya era baru,” kata Managing Director Jaguar Rawdon Glover, dilansir dari laman resmi merek, Sabtu, 15 Juni.

Unit terakhir dari F-Type dibekali dengan mesin 5,0 liter V8 bergaya convertible dihiasi dengan warna Giola Green dengan atap hitam dan interior dilapisi oleh kulit Tan Windsor.

Mobil sport convertible ini akan diserahkan pada museum Jaguar Daimler Heritage Trust (JDHT). Tempat ini telah berdiri sejak tahun 1983 dengan memajang berbagai model terdahulu merek Jaguar maupun Land Rover.

Jaguar F-Type akan bergabung dengan beberapa model yang sudah tidak lagi diproduksi, seperti E-Type yang legendaris. Keduanya akan berada di JDHT, Gaydon, Inggris bersamaan dengan unit terakhir XE, XF, dan XF Sportbrake.

F-TYPE pertama kali diluncurkan sebagai mobil convertible pada tahun 2013 dan merupakan mobil sport dua kursi pertama Jaguar sejak 40 tahun yang lalu. Dalam tahun debutnya, mobil ini menerima penghargaan World Car Design of the Year.

Selama masa eksistensinya, mobil tersebut telah diproduksi sebanyak 87.732 unit dan akan tersedia hingga awal tahun 2025 mendatang. Sementara itu, E-Type telah diproduksi sebanyak 72.528 unit.

Dalam masa peralihan menuju elektrifikasi sepenuhnya, Jaguar telah mengkonfirmasi kehadiran tiga model baru yang dibangun di atas platform khusus mobil listrik Jaguar, JEA (Jaguar Electric Architecture).

Model pertama yang akan diluncurkan adalah mobil listrik GT empat pintu. Konsumen dapat melihat wujud mobil ini sebelum akhir tahun 2024, dengan jadwal pengiriman dimulai pada 2025. Kemudian, merek akan meluncurkan EV keduanya pada akhir 2025, disusul model ketiga setahun setelahnya.