Debut di New York International Auto Show 2024, Kia Ungkap Spesifikasi Sedan K4 Terbaru
All-New Kia K4. (Dok. Kia Global)

Bagikan:

JAKARTA - Pada gelaran New York International Auto Show 2024 yang mulai berlangsung esok hari, sejumlah pabrikan akan memperkenalkan dan memamerkan berbagai model teranyar termasuk Kia.

Pasca mengungkapkan desain sedan K4 terbaru pada pekan lalu, pabrikan dari Korea Selatan ini juga akan membawa model ini pada pameran tersebut dan memperkenalkannya ke publik secara global.

Chief Operating Officer Kia America Steven Center mengatakan sedan ini hadir dengan tampilan sporty yang dilengkapi dengan teknologi terdepan dan menawarkan performa impresif.

“Keberhasilan di segmen kompak berarti menghadirkan fitur-fitur yang diinginkan semua keinginan pelanggan, dan K4 dirancang untuk melampaui ekspektasi,” kata Center dalam laman resmi merek, Kamis, 28 Maret.

5

Usung filosofi desain ‘Opposites United’ khas merek digabungkan dengan pilar ‘Power to Progress’, eksterior sedan kompak K4 melambangkan tekad Kia yang tak henti-hentinya menciptakan solusi mobilitas yang paling inspiratif, inovatif, dan estetis.

Pabrikan menghadirkan sedan ini dengan sepatbor yang lebar memberikan kesan kaku dan tangguh. Kemudian, hadir lampu depan yang memiliki elemen vertikal menyerupai model Kia Niro ataupun Grand Carnival.

Lebuh lanjut, bentuk grillnya terlihat lebih menyatu dengan kap mesin yang terlihat panjang. Beralih ke bagian belakang, K4 memiliki lampu belakang nyaris melebar penuh dengan kesan vertikal yang serupa dengan lampu depan.

Sementara itu, bagian samping dilengkapi dengan pelek berukuran 18 inci alloy, trim jendela, tutup kaca spion hitam mengkilap, dan bagian belakang dengan aksen hitam yang sporty.

3

Kemudian, bagian interior dilengkapi dengan instrumen digital sebagai standar. Tampilan tersebut memiliki ukuran gabungan hampir 30 inci didukung dengan pengoperasian Connected Car Navigation Cockpit (ccNC) dengan kemampuan over-the-air (OTA). Tidak ketinggalan, sistem ini juga kompatibel dengan Apple CarPlay dan Android Auto nirkabel sebagai standar.

Fungsi asisten suara juga hadir sebagai standar. Dengan hanya mengucapkan ‘Hai Kia’, maka pengguna dapat melakukan pengaturan kabin terdiri dari ubahan pada suhu dan audio.

Sistem pembantu pengemudi (ADAS) juga ada di kendaraan ini, termasuk Intelligent Speed Limit Assist (ISLA), Lane Keeping Assist (LKA), Smart Cruise Control with Stop & Go (SCC w/ S&G), Blind-Spot Collision Avoidance Assist (FCA-BCA), serta Blind-Spot View Monitor (BVM) sebagai standar.

Dari sisi performa, Kia K4 ditawarkan dalam dua opsi powertrain. Yang pertama ialah mesin 2,0 liter yang menghasilkan 147 dk dan torsi 179 Nm dikombinasikan dengan sistem perpindahan gigi IVT sebagai standar.

Opsi kedua ialah mesin 1,6 liter yang menghasilkan tenaga 190 dk dan torsi 264 Nm dikawinkan dengan transmisi delapan percepatan otomatis.

Mobil ini akan dihadirkan dalam lima trim berbeda, yakni LX, LXS, EX, GT-Line, dan GT-Line Turbo. Meskipun harganya belum diungkap, Kia mengonfirmasi bahwa K4 terbaru akan tiba di pasar AS pada paruh kedua tahun ini.