Sebelum Debut Pekan Depan, Kia Ungkap Desain Eksterior Dan Interior Kia K4
Kia K4. (Dok. Kia)

Bagikan:

JAKARTA - Kia resmi mengungkapkan gambar lengkap desain eksterior dan interior Kia K4 sebagai pengganti sedan kompak Forte dari pabrikan Korea Selatan tersebut. Mobil ini tampil perdana sesaat sebelum New York Auto Show dan mengusung desain yang jauh lebih berani dibanding pendahulunya.

Detail lebih lanjut mengenai Kia K4 diharapkan akan terungkap pada debut resminya di New York Auto Show pekan depan.

Dalam rilis Kia USA, 21 Maret, disebut Kia K4 terinspirasi oleh filosofi desain Kia ‘Opposites United’, dan khususnya pilar ‘Power to Progress’, eksterior sedan kompak K4 melambangkan tekad Kia yang tak henti-hentinya untuk menciptakan solusi mobilitas yang paling inspiratif, inovatif, dan estetis.

4

Kia K4 mengambil inspirasi jelas dari mobil listrik dan konsep Kia terbaru. Melansir Autoblog, 21 Maret, desainnya dipenuhi garis tegas dan sepatbor melebar seperti pada EV9. Sepatbor tersebut memiliki tonjolan yang menonjolkan kesan berotot dan lebar pada mobil ini.

4

Untuk menambah kesan sporty, gagang pintu belakang K4 dibuat tersembunyi sehingga sekilas menyerupai coupe. Bagian depan, lampu utama mengadopsi elemen vertikal yang popular pada Kia Telluride namun tetap mempertahankan kesan menyapu ke belakang.

Sementara, bentuk grill yang ramping menyatu dengan kap mesin yang terlihat sangat rendah dan panjang. Secara keseluruhan, profil K4 lebih menyerupai fastback hatchback, meskipun Kia belum mengonfirmasi apakah mobil ini akan menggunakan model hatchback atau sedan.

Beralih ke bagian belakang, K4 memiliki lampu belakang nyaris melebar penuh dengan kesan vertikal yang serupa dengan lampu depan.

4

Masuk ke bagian interior, K4 terasa kental dengan nuansa Kia. Desain miring dan tegas seperti pada EV9 kembali hadir, termasuk pada grafis pada monolit layar ganda di atas dasbor.

Kia menggunakan warna hijau yang lembut pada interior, dipadukan dengan sentuhan asimetris yang menarik. Bagian panel pintu pengemudi yang bertemu dengan dasbor berwarna hitam, sedangkan bagian yang sama pada pintu penumpang berwarna senada dengan interior.

Hingga saat ini, spesifikasi teknis K4 masih menjadi misteri. Tampak terlihat panel instrumen dengan pembacaan tachometer, sehingga dapat disimpulkan bahwa K4 masih menggunakan mesin pembakaran internal.

Belum diketahui apakah K4 akan menggunakan mesin naturally aspirated dan turbo seperti pendahulunya, atau menghadirkan opsi baru seperti mesin hybrid.

Selain itu, informasi mengenai ukuran dan sasis mobil juga belum diungkap. Melihat sekilas, K4 nampak sedikit lebih besar dibanding Forte.