Bagikan:

JAKARTA - Nissan menambah daftar peserta yang akan tampil dalam acara Speciality Equipment Market Association (SEMA) Show 2023 di Las Vegas, yang berlangsung dari tanggal 31 Oktober hingga 3 November 2023. Pada acara bergengsi ini, para produsen otomotif akan berlomba-lomba memamerkan modifikasi terbaru mereka.

Pabrikan asal Jepang ini akan memperkenalkan model Z yang telah mengalami modifikasi menyerupai mobil reli. Proyek modifikasi ini terinspirasi oleh kesuksesan legendaris model 240Z dalam Reli Safari Afrika Timur pada tahun 1971, yang dikendarai oleh pembalap Edgar Herrmann dan Hans Schuller sebagai co-driver.

5

Menurut laporan Carscoops, Senin, 30 Oktober, mobil ini dikembangkan oleh Tommy Pike, seorang ahli kustomisasi terkemuka asal Amerika Serikat. Modifikasi ini membawa perubahan yang signifikan dari versi standar, dengan peningkatan ground clearance dan pemasangan suspensi KW Safari yang dilengkapi dengan komponen-komponen dari NISMO.

6

Model Z ini juga dilengkapi dengan pelek prototipe NISMO Safari berukuran 17 x 7,5 inci yang dipasangkan dengan ban Yokohama Geolandar M/T G003. Untuk melindungi bagian bawah mobil dari kerusakan, coupe ini dilengkapi dengan pelindung tambahan, termasuk pelindung bemper depan dan skid plate.

Dalam hal penampilan, mobil ini mengadopsi desain yang mirip dengan mobil reli Datsun 240Z nomor 11, dengan warna merah yang kontras dengan kap hitam. Interior mobil ini juga dilengkapi dengan perangkat keselamatan dan kenyamanan, seperti kursi Recaro Pole Position dengan sabuk pengaman empat titik, menyerupai mobil-mobil reli pada umumnya.

5

Untuk performa yang tangguh, Nissan telah menyiapkan mesin V6 twin-turbo yang telah dioptimalkan oleh AMS, mampu menghasilkan tenaga lebih dari 400 dk. Mesin ini dilengkapi dengan sistem pembuangan cat-back, intake udara dingin, penutup mesin serat karbon, tangki ekspansi pendingin, mesin kembar jalanan, dan kopling cakram.

Nissan Z yang telah dimodifikasi ini akan dipajang berdampingan dengan replika mobil reli pemenang Safary Rally 1971, sebagai bagian dari pameran SEMA tahun ini. Kehadiran mobil ini merupakan penghormatan sejarah bagi Nissan setelah berhasil meraih kemenangan dua kali berturut-turut, mengikuti jejak prestasi Datsum Bluebird 1600SSS pada tahun sebelumnya.