Bagikan:

JAKARTA - Lelang Gooding & Company akan berlangsung di Pebble Beach, California, Amerika Serikat, pada18-19 Agustus ini. Di sana sebuah mobil legendaris dari era 1960-an, Shelby 260 Cobra versi Mk1, siap menunggu pemilik barunya.

Diketahui, Shelby hanya memproduksi 62 unit mobil jalan raya Shelby 260 Cobra dan unit yang dilelang ini masih dalam kondisi prima. 

260 Cobra ini termasuk salah satu di antara beberapa unit pertama yang beredar di Amerika Serikat. Mobil ini memiliki Nomor Rangka CSX2034 dan telah menempuh jarak kurang dari 8369 km, beberapa di antaranya digunakan untuk pengujian oleh majalah Car and Driver, dan mobil ini pun tampil pada edisi Maret 1963 dari majalah tersebut.

Dikutip dari Carbuzz, 31 Juli, sejarah khusus mobil Shelby Cobra ini berawal pada bulan Oktober 1962, ketika rangka mobil ini dikirimkan dari Inggris ke New York, dan Shelby American kemudian menagih Tasca Ford of East Providence, Rhode Island, sebesar 4.995 dolar AS pada masa itu.

Mobil ini tampil dengan cat eksterior merah dan interior berbalut kulit hitam, kondisi yang masih terjaga hingga hari ini.

Mobil ini memiliki bodi aluminium datar dengan lekukan fender yang sempit, kunci kap mesin Wilmot-Breeden, dan emblem Shelby-AC-Cobra. Di dalam kabin, terdapat instrumen lengkap dari Smiths, kemudi berbingkai kayu, dan gagang persneling yang diambil dari koleksi suku cadang Ford.

Mesin yang menggerakkan mobil ini adalah V8 260-cubic-inch (4.3 liter) Ford Hi-Po yang mampu menghasilkan tenaga sekitar 273 dk pada 5.800 rpm. Mesin tersebut dipasangkan dengan transmisi manual empat percepatan dari BorgWarner.

Meski hanya memiliki setengah kekuatan dari mesin Coyote V8 yang ada di Ford Mustang, namun tak boleh dilupakan bahwa mobil roadster seperti ini memiliki bobot yang sangat ringan.

3

Pemilik saat ini telah melestarikan mobil dalam kondisi asli dan tidak direstorasi, dan ia telah mempercayakan kepada Antique Auto Restoration di Seaside, California, untuk melakukan perbaikan mekanis. Tujuannya adalah untuk mengembalikan mobil ini dalam kondisi yang dapat diandalkan tanpa mengorbankan komponen asli dari Shelby Cobra.

Shelby 260 Cobra tahun 1963 ini memiliki kisaran harga lelang antara Rp26 miliar hingga Rp37 miliar, dan akan dilelang bersamaan dengan mobil-mobil langka dengan harga lebih mahal lain seperti Ferrari 250 GT SWB Berlinetta 1962, Bugatti Type 55 Roadster 1933, dan Porsche RS60 1960.