Ferrari 599 SA Aperta Ini Berpotensi Terjual di Atas Rp15 Miliar
Ferrari 599 SA Aperta. (Dok. Gooding & Company)

Bagikan:

JAKARTA - Pebble Beach Auctions 2023 akan berlangsung pada 18 dan 19 Agustus di Pebble Beach, California, AS. Sejak tahun 1950-an, Pebble Beach dikenal sebagai tujuan akhir bagi para kolektor, pembeli, dan penjual mobil terkemuka dunia.

Salah satu mobil bekas paling berharga di dunia, Ferrari 599 SA Aperta akan dilelang di sini. Merupakan SA Aperta pertama keluaran tahun 2011 yang dibangun sesuai spesifikasi Amerika Utara. Mobil ini pernah dikendarai di sirkuit terkenal Fiorano, dengan cat hitam yang melingkupi interior kulit hitam dan merah.

3

Ferrari telah berhasil menjaga kehidupan mesin V12 alami pada SA Aperta yang memiliki atap terbuka - diproduksi terbatas hanya 80 unit dan dibuat sebagai penghormatan kepada desainer Sergio Pininfarina dan Andrea Pininfarina.

Mesin V12 6.0 liter pada SA Aperta ini menghasilkan tenaga sebesar 661 dk dan torsi 619 Nmt, mesin versi V12 yang berkinerja tinggi ini juga digunakan pada 599 GTO. Akselerasinya dari 0- 96 km/jam hanya selama 3,6 detik dan kecepatan maksimal lebih dari 322 km/jam.

Dikutip dari Carbuzz, 12 Juli, SA Aperta yang dilelang masih memukau meskipun sudah berusia lebih dari satu dekade. Atapnya yang dapat dilepas dengan cepat, meskipun secara manual, memungkinkan pengendara bisa merasakan sensasi raungan V12 yang memukau saat berakselerasi.

SA Aperta ini memiliki hiasan merah pada dashboard, setir, kursi, dan panel pintu, serta latar belakang kuning yang mencolok pada tachometer pusat yang membaca hingga 10.000 rpm. Bagian dalam kabin juga dilapisi dengan serat karbon.

4

Belum banyak informasi yang diketahui tentang 599 SA Aperta ini, namun rumah pelelangan menyatakan bahwa deskripsi lengkap penjualan akan tersedia menjelang pelelangan.

Ferrari 599 SA Aperta muncul akhir dekade 2000-an. Ini adalah dekade yang juga melahirkan Ferrari Enzo, Mercedes-Benz SLR McLaren, dan Porsche Carrera GT yang ditenagai oleh mesin V10.

Bulan depan, satu orang beruntung akan memiliki kesempatan memiliki mobil dari era epik ini, dan tidak akan mengherankan 599 SA Aperta memiliki harga yang tinggi diperkirakan di atas 1 juta dolar AS atau lebih dari Rp15 miliar.