Bagikan:

JAKARTA - Tahun 1962, Ferrari merilis sebuah karya seni otomotif yang sekarang menjadi bahan pembicaraan para penggemar mobil mewah di seluruh dunia.

Kekinian, Sebuah Ferrari 330 LM akan segera dilelang pada bulan November dengan prediksi harga yang dapat membuat banyak orang terkejut. Diselenggarakan oleh RM Sotheby's, mobil ini diperkirakan akan terjual dengan harga lebih 60 juta dolar AS atau sekitar Rp920 miliar dan jika terjual maka  akan mengubah daftar Ferrari termahal yang pernah dijual.

4

Ferrari 330 LM ini terdaftar dengan nama Ferrari 330 LM/250 GTO, nomor sasis 3765, yang merupakan saudara dekat dari 250 GTO. Mobil ini dibuat untuk memenuhi peraturan FIA yang berubah saat itu.

330 LM dilengkapi dengan mesin berkapasitas 4.0 liter yang menghasilkan tenaga 385 dk atau sekitar separuh dari tenaga yang dihasilkan oleh Ferrari 812 GTS modern. Mobil balap berlinetta ini juga merupakan satu-satunya GTO Series I milik pabrik yang pernah dipakai oleh Scuderia Ferrari.

5

Ferrari yang sangat istimewa ini memiliki sejarah yang begitu berwarna. Pada tahun 1962, ia berhasil meraih kemenangan dan posisi kedua secara keseluruhan dalam ajang Nurburgring 1.000 km. Ia juga menjadi runner-up dalam Kejuaraan Hillclimb Sisilia 1965 dan pernah dimiliki oleh seorang ketua Ferrari Club of America.

Dalam beberapa tahun terakhir, Ferrari 330 LM, dikutip Carbuzz, 22 Agustus, telah mendapatkan penghargaan di beberapa pameran mobil paling prestisius di dunia. Ferrari 330 LM meraih penghargaan Best of Show di Amelia Island Concours d'Elegance dan menduduki posisi kedua dalam kelas GTO di Pebble Beach Concours d'Elegance 2011, yang menampilkan 23 GTO.

Menurut info RM Sotheby's, mobil ini dirawat sangat teliti oleh pemilik saat ini, dan akan dijual dengan lembaran pembuatan pabrik, liputan balap dari masa itu, dan berbagai artikel majalah yang menampilkan mobil ini.

6

Berdasarkan foto-foto, Ferrari 330 LM ini dalam kondisi yang sangat baik di dalam maupun di luar, dan cat merahnya tidak memiliki cacat. Bodinya memang sedikit lebih panjang dan jarak sumbu roda yang lebih besar dibandingkan dengan 250 GTO, semua itu diperlukan untuk mengakomodasi mesin yang lebih besar, tetapi perbedaannya sulit dideteksi.

Tahun lalu, diberitakan sebelumnya Mercedes-Benz 300 SLR Uhlenhaut Coupe menjadi mobil termahal yang pernah dijual. Meskipun Ferrari 330 LM/250 GTO ini mungkin tidak mencapai angka tersebut.

Lelang Ferrari ini akan berlangsung di New York pada tanggal 13 November.