Bagikan:

JAKARTA – Pameran dan acara otomotif kenamaan Monterey Car Week akan digelar 12-14 Agustus ini di wilayah Monterey, California, Amerika Serikat. 

Pada pameran tahun ini ada kejutan di mana Shelby Cobra Roadster milik mendiang Steve McQueen akan dilelang. Bagi penggemar otomotif dan film, tentu nama Steve McQueen dan Shelby Cobra mungkin sudah tidak asing lagi. Keduanya merupakan ikon di bidang masing-masing, dan kini sejarah keduanya siap dilelang. 

Shelby Cobra 289 Roadster tahun 1963 yang akan ditawarkan dalam ajang Monterey Car Week ini adalah mobil pribadi Steve McQueen. 

7

Sebagai mobil sport legendaris, Shelby Cobra sendiri sudah memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Bahkan, melansir Road & Track, 5 Agustus, dua unit mobil ini yang pernah dilelang melalui Bring a Trailer tercatat berhasil terjual dengan harga masing-masing mencapai 900 ribu dolar AS (setara Rp14,5 miliar) dan 925 ribu dolar AS (setara Rp14,9 miliar).

3

Jelas dengan ada embel-embel sejarahnya bersama aktor ikonis, Steve McQueen harga mobil yang dilelang ini bisa jauh di atas dua mobil di atas.

Diketahui, McQueen menggunakan mobil ini selama beberapa tahun, tepatnya dari 1965 hingga 1967. Sebelum dimiliki oleh McQueen, mobil ini sempat menjadi milik produser film David L. Wolper dan kemudian komposer Elmer Bernstein.

6

Mobil ini dilengkapi dengan mesin V8 289 CI, piston aluminium forged, crankshaft baja, transmisi manual 4 kecepatan, sasis tubular baja, suspensi depan dan belakang wishbone dengan per daun transversal dan peredam teleskopik, kemudi rack and pinion, rem cakram Girling 4 roda dengan kaliper 2 piston, setir kayu AC, sabuk pengaman Willans, instrumen metrik Smiths, alat pemadam kebakaran, dan ban Pirelli.

5

Mecum Auctions, rumah lelang yang akan menangani penjualan mobil ini, memperkirakan harga jualnya bisa mencapai lebih dari 1,5 juta dolar AS (setara Rp24,2 miliar). Kondisi mobil yang masih mempertahankan bodi dan mesin asli, serta beberapa peningkatan seperti saluran rem stainless steel dan pengapian elektronik, membuat mobil ini semakin menarik bagi kolektor.