Bagikan:

JAKARTA – Mobil konsep masa lalu yang dibuat jauh melampaui zamannya kembali muncul. Honda bersama dengan Pininfarina, berhasil merestorasi konsep mobil HP-X, konsep mobil pertama Honda yang pertama kali diperkenalkan di tahun 1984.

Mobil konsep inilah yang disebut Honda menjadi inspirasi awal bagi pengembangan NSX dan akan kembali menjadi pusat perhatian pada ajang Pebble Beach Concours d’Elegance 2024, acara otomotif tahunan yang diadakan di Pebble Beach Golf Links di Pebble Beach, California pada Minggu, 18 Agustus 2024.

Dengan desain bodi radikal, tidak memiliki pintu, kanopi besar dari Perspex, dan mesin V6 2.0 liter tengah, HP-X menjadi sebuah karya seni bergerak yang menggabungkan estetika dan teknologi masa depan.

8

“Honda HP-X Concept menjadi bintang Turin Auto Show 1984, menampilkan elemen keunggulan teknik dan desain mutakhir, dengan gaya bentuk baji ekstrem yang terus menginspirasi desainer dan insinyur mobil generasi masa depan,” kata Dave Marek , eksekutif desain Acura dan juri kehormatan Pebble Beach Concours, dikutip dari ruang media pabrikan, 2 Agustus.

“HP-X yang berpikiran jauh ke depan memiliki dampak yang tidak dapat disangkal pada industri ini menyoroti komitmen kami untuk mendorong batas-batas yang mungkin ada dalam desain otomotif,” lanjutnya.

7

Dikenal sebagai mobil konsep pertama Honda, HP-X dirancang oleh rumah desain Italia yang legendaris, Pininfarina. Setelah 40 tahun, mobil ini kembali ke bengkel Pininfarina untuk menjalani proses restorasi penuh. Kini, dalam kondisi prima, HP-X siap berkompetisi dalam kategori “Wedge-Shaped Concept Cars and Prototypes” di ajang Pebble Beach.

8

Dengan dimensi panjang 4.160 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.110 mm, panjangnya sedikit lebih pendek dari Toyota GR86, HP-X memiliki dimensi yang kompak. Desain bodi berbentuk wedge dengan garis tegas dan kanopi satu bagian yang dapat dibuka ke atas memberikan kesan futuristik yang kuat. Penggunaan serat karbon dan Kevlar pada bodinya semakin menegaskan karakter sporti mobil ini.

9

Dapur pacu HP-X dibekali mesin V6 2.0 liter DOHC 24 katup yang berasal dari mesin balap Formula 2 Honda. Kabinnya dilengkapi dengan layar yang menampilkan telemetri real-time, GPS, dan peringatan kondisi jalan menggunakan sonar. Meskipun tidak pernah diproduksi massal, Honda mengakui bahwa HP-X menjadi inspirasi utama dalam pengembangan NSX generasi pertama.

Kembalinya HP-X ke panggung dunia menjadi momen bersejarah bagi pecinta otomotif. Penampilannya di Pebble Beach Concours d’Elegance tentu akan menjadi daya tarik utama pengunjung apalagi ini juga menandai pertama kali masuknya pabrikan Jepang di Pebble Beach Concours dalam 50 tahun.