Inilah Kisaran Harga dari All-New Yaris Cross yang Diluncurkan di Indonesia
Peluncuran Toyota All-New Yaris Cross yang berlangsung di Kuningan, Jakarta, Senin, 15 Mei 2023. (Foto: Bagus Muhammad Hafizh/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - PT Toyota Astra Motor (TAM) merilis model terbaru untuk melengkapi jajaran segmen SUV mereka, All-New Yaris Cross untuk pasar otomotif tanah air.

Mobil SUV kelas menengah tersebut diluncurkan dengan dua varian, yakni Hybrid Electric Vehicle (HEV) dan mesin bensin (ICE). Ini juga menjadi langkah pabrikan dalam menjalankan program netralitas karbon di Indonesia untuk masa yang akan datang.

Dengan desain yang kompak dan solid, All-New Yaris Cross dibekali mesin 1.500 cc 4-silinder. Untuk varian HEV, mobil ini dilengkapi motor listrik yang bila digabungkan dapat menghasilkan daya 111 dk, serta baterai lithium-ion yang mengoptimalkan jarak tempuh pada mobil tersebut.

Sedangkan, untuk varian mesin bensin ditawarkan dengan tenaga 106 dk dan torsi 138 Nm disertai performa impresif dari transmisi manual lima percepatan dan CVT yang dapat menghemat penggunaan bahan bakar.

"Untuk harga, kami belum bisa memberikan detail informasi. Namun, yang bisa kami berikan kisaran Rp300 juta sampai Rp400 juta lebih," ucap Henry Tanoto, selaku Vice President PT TAM saat sesi tanya jawab dengan wartawan saat peluncuran All-New Yaris Cross di Kuningan, Jakarta.

Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandi, mengatakan rata-rata penjualan mobil di Indonesia berada di kisaran Rp500 juta. Ini yang membuat pihaknya ingin masuk ke dalam segmen tersebut dengan All-New Yaris Cross.

"Segmentasi di Indonesia ini rata-rata di bawah Rp500 juta sebesar 75 persen. Mungkin angka-angka Rp300 jutaan bisa banyak," ujar Anton saat diwawancarai beberapa saat setelah peluncuran All-New Yaris Cross.

Alih-alih mengkhawatirkan akan terjadi pergesekan harga dengan model lain Toyota, Anton mengatakan dengan diluncurkannya Yaris Cross justru menambah jumlah market Toyota.

"Jadi saya rasa ini akan memberikan konsumen opsi. Soal ini akan ada gesekan harga dengan Yaris sebelumnya, pasti ada. Cuma kami memprediksi ini akan menambah jumlah market," tambah Anton.

Sebagai gambaran, pesaing dari All-New Yaris Cross, Honda HR-V dibanderol mulai dari Rp375,9 juta hingga varian tertingginya Rp529,9 juta.