Toyota Rilis SUV All-New Yaris Cross Tantang Honda HR-V dan Mazda CX-3 di Pasar Indonesia
Peluncuran Toyota All-New Yaris Cross yang berlangsung di Kuningan, Jakarta, Senin, 15 Mei 2023. (Foto. Bagus Muhammad Hafizh/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Distributor kendaraan Toyota di Indonesia, PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan model terbaru berupa SUV kelas menengah, yakni All-New Yaris Cross dengan teknologi hybrid.

President Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Hiroyuki Ueda, mengatakan dalam beberapa tahun pasar otomotif Indonesia akan memasuki era elektrifikasi. Arah itu menurutnya sesuai kebijakan pemerintah Indonesia soal penggunaan kendaraan bebas emisi. 

"Toyota menyambut positif langkah ini dengan menghadirkan produk-produk elektrifikasi yang memiliki pilihan teknologi lengkap. Mulai dari Hybrid EV, Plug-in Hybrid EV, hingga Battery EV dengan pilihan model yang semakin banyak dan affordable, serta berada di segmen yang semakin besar untuk menjangkau pelanggan lebih luas," ujar Ueda dalam keterangan resmi.

Toru Uda, selaku Chief Engineer All-New Yaris Cross, mengatakan All-New Yaris Cross memiliki konsep "Solid & Dynamic", dengan tampilan SUV modern serta kompak, serta memiliki desain yang gagah dan tangguh dalam kelasnya.

"Medium SUV ini menggabungkan trend SUV kompak dan dinamis bersama daya tarik High-end SUV untuk menciptakan mobil yang tampil beda dan stands out from the crowd. Sekaligus, memberikan solusi mobilitas yang ramah lingkungan bagi individu atau keluarga muda berjiwa adventure dengan gaya hidup yang aktif dan dinamis,” ucap Uda saat peluncuran di Hotel Westin, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin, 15 Mei.

Penantang Honda HR-V dan Mazda CX-3 ini memiliki kapasitas lima tempat duduk yang menawarkan kenyamanan berkendara, memiliki ukuran yang kompak dengan panjang 4.310 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.615 mm, dan wheelbase 2.620 mm.

Toyota hadirkan dua varian pada All-New Yaris Cross, yakni Hybrid Electric Vehicle (HEV) dan mesin bensin (ICE). Keduanya sama-sama dibekali mesin 1.500 cc 4-silinder.

Untuk varian hybrid, dapat menghasilkan daya sebesar 111 dk dengan dilengkapi EV mode serta transmisi CVT yang dapat mengoptimalkan kinerja penggerak mobil.

Toyota juga hadirkan Toyota Hybrid System (THS) pada varian hybrid dan pemakaian baterai lithium-ion yang dapat memaksimalkan jarak tempuh serta kinerja mobil ini saat berada di mode EV.

Sementara itu, untuk varian mesin bensin memiliki performa berkekuatan 106 dk dan torsi 138 Nm. Toyota sediakan transmisi manual lima percepatan dan CVT yang juga dapat berkontribusi dalam penghematan bahan bakar.

Fitur lainnya yang Toyota hadirkan pada SUV ini yaitu Auto Brake Hold, 6-airbags, ABS, Parking Sensor, Emergency Stop Signal, Behicle Stability Control (VSC), Blind Spot Monitor (BSM) dan masih banyak lagi.

Teknologi seperti TSS dan fitur T Intouch melengkapi kebutuhan mobilitas yang dihadirkan pada All-New Yaris Cross.