Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengungkapkan kondisi ruang ganti setelah kalah dari Irak 0-2 pada laga putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis, 6 Juni 2024.

Shin Tae-yong menyinggung bagaimana situasi i ruang ganti menyikapi blunder yang dilakukan Ernando Ari Sutaryadi.

Sebagaimana diketahui, dua gol Irak lahir dari penalti Aymen Hussein (54') dan Ali Jassim (88').

Gol kedua Irak yang dibuat Ali Jassim menjadi perhatian karena lahir dari blunder Ernando Ari.

Setelah laga berakhir, Shin Tae-yong menyebut tak ada situasi panas di ruang ganti setelah Ernando blunder.

"Suasana ruang ganti sama saja, tetapi memang tampak Nando (Ernando Ari) terlihat kesal dengan kesalahannya," ujar Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan itu lalu menjelaskan bahwa beberapa hari ke depan dia tak akan berbicara dengan sang kiper. Shin Tae-yong tak ingin membahas kesalahan Ernando terlalu jauh.

Dia sangat memahami kondisi psikologis kiper Persebaya Surabaya itu. Makanya, sang pelatih tahu pendekatan apa yang harus dilakukan demi mendongkrak motivasinya untuk laga berikut.

"Saya tak akan ajak dia (Ernando Ari) bicara beberapa hari ke depan. Soalnya, Nando juga tipe orang yang mudah kepikiran," tutur sang pelatih.

Shin Tae-yong berharap Ernando bisa lekas pulih dari tekanan mental yang dialaminya setelah laga melawan Irak.

Pasalnya, dia masih dibutuhkan Timnas Indonesia mengingat masih ada satu laga terakhir putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Filipina.

"Semoga beberapa hari ke depan kondisinya membaik," kata Shin Tae-yong.

Partai melawan Filipina akan dihelat pada 11 Juni 2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Timnas Indonesia sangat membutuhkan kemenangan demi kelolosan ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.