Viral di Medsos karena Gagal Penalti, Ernando Ari Viral Minta Maaf
Ernando Ari (Instagram.com/@nandoariiiss)

Bagikan:

JAKARTA - Penjaga gawang timnas Indonesia U-23, Ernando Ari menjadi perbincangan pecinta sepak bola di media sosial. Hal itu lantaran eksekusi penalti di final Piala AFF U-23 yang dilakukannya gagal.

Nama Ernando bahkan memuncaki trending di Twitter selepas partai final pada Sabtu, 26 Agustus hingga Minggu, 27 Agustus pagi. Cuitan tentang penjaga gawang Persebaya itu bahkan tembus 17 ribu kali.

Hal itu diduga dipicu karena Ernando secara mengejutkan ditunjuk Shin Tae-yong menjadi eksekutor keenam bagi timnas saat melawan Vietnam. Sayangnya, eksekusi Ernando ditepis kiper Vietnam yang kemudian membuat Indonesia harus menerima kemenangan lawan.

Momen tersebut membuat Ernando menjadi bahan perbincangan di media sosial. Penjaga gawang berusia 21 tahun tersebut mengungkap penyesalannya karena tak melakukan tugas yang diberikan kepadanya dengan baik.

Dalam momen yang sama di Instagram-nya, Ernando juga menyampaikan permintaan maaf pada seluruh warga Indonesia yang kecewa terhadap dirinya.

“Pertama saya ingin meminta maaf untuk seluruh masyarakat indonesia yang kecewa terhadap saya,” tulis Ernando.

“Karena saya tidak bisa menyelesaikan tugas saya, dan saya juga hanya manusia biasa yang ingin memberikan yang terbaik untuk bangsa ini,” lanjutnya.

Meski begitu menyesal dengan yang terjadi di lapangan, nyatanya performa sang kiper juga tak bisa dianggap remeh. Sepanjang 120 menit jalannya laga, Ernando Ari melakukan banyak penyelamatan berarti bagi skuad Garuda Muda.

Ernando Ari bahkan menepis tendangan penalti pemain Vietnam, Nguyen Quoc Viet. Setidaknya ada enam shot on target yang berhasil Ernando Ari selamatkan.

Terlepas dari permintaan maaf sang penjaga gawang, ia juga mengucapkan terimakasih pada Shin Tae-yong selaku pelatih yang mempercayakan ia berada dalam skuad. Ernando juga menyatakan hal serupa untuk rekan-rekan juga seluruh official timnas.

Terakhir, ia menyebut bahwa kritikan yang masuk untuknya merupakan salah satu semangat yang membuatnya terus semangat.

“Terima kasih atas kerja kerasnya team, coach, dan official staff tim nasional u-23. Kritik dan saran kalian adalah semangat untuk saya sebagai pemain sepak bola,” ungkap Ernando.

“Dan terima kasih untuk orang orang yang selalu support sayaz Terima kasih perjuanganya teman-teman, coach dan official staff tim nasional u-23. Tidak berhenti sampai disini!!” tutup sang kiper.

Namun, masih banyak pula netizen yang mengkritik penampilan atau keputusan kiper sebagai algojo keenam dalam sebuah pertandingan penentuan.

Padahal di sisi lain, Shin Tae-yong menyebut Ernando sudah berlatih dan tampil percaya diri sepanjang pertandingan. Sang pelatih lantas meminta kepada masyarakat untuk tetap memberikan dukungan terhadap Ernando Ari.

“Ya dia gagal (menendang penalti), tetapi mohon terus dukung dia,” kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai laga.