Bagikan:

JAKARTA - Penjaga gawang Timnas Indonesia U-23, Ernando Ari Sutaryadi, menjadi salah satu sosok penting dalam kemenangan atas Korea Selatan U-23 di perempat final Piala Asia U-23 2024.

Penyelamatannya sepanjang di laga ini diakui Ernando sebagai penebus kesalahan ketika gagal di Piala AFF U-23 2023.

Pada Agustus 2023, Timnas Indonesia U-23 melaju ke babak final Piala AFF U-23 2023 menghadapi Vietnam U-23.

Skuad Garuda Muda gagal meraih gelar setelah menelan kekalahan 5-6 lewat drama adu penalti di partai puncak itu.

Ernando yang ketika itu dipercaya menjaga mistar gawang tak mampu sekalipun menepis penalti lawan. Ia juga gagal mencetak gol saat jadi eksekutor.

Kejadian itulah yang kemudian membuat Ernando bertekad tampil lebih baik lagi di kesempatan lain.

Hal itu nyatanya sukses dibuktikan Ernando saat dipercaya Shin Tae-yong tampil di Piala Asia U-23 2024. Ajang itu jadi penebusan dosa.

"Sebelum saya menyelamatkan penalti, saya ingin membayar apa yang terjadi di turnamen Piala AFF (U-23 2023). Saya gagal mencetak gol dan membuat pelatih Shin sedih," kata Ernando Ari saat konferensi pers usai laga pada Jumat, 26 April 2024.

Setelah berhasil membayar kesalahan sebelumnya dan membawa Timnas Indonesia U-23 melaju ke semifinal, Ernando tak berpuas diri.

Ia bertekad untuk kembali membuat Shin Tae-yong lebih bahagia dengan membawa Garuda Muda menjuarai Piala Asia U-23 2024.

"Setelah saya membayarnya (kesalahan yang lalu) di turnamen ini, saya sekarang bertekad untuk memberikan (gelar) juara untuk pelatih Shin Tae-yong," ujar Ernando lagi.

Ernando dan penggawa Garuda Muda berhasil melaju ke babak semifinal Piala Asia U-23 2024 lewat perjuangan panjang dan kerja keras yang tak main-main.

Meski sempat bermain seri 2-2 atas Korea Selatan U-23 hingga waktu normal, Ernando berhasil menjaga gawangnya tanpa kebobolan pada dua babak tambahan. Situasi ini kemudian memaksa kedua tim menjalankan adu penalti demi mencari pemenang laga.

Pada momen itulah Ernando Ari kembali memegang peran krusial untuk Timnas Indonesia U-23. Ia sukses menepis dua penalti pemain Taegeuk Warriors serta mampu mencetak gol saat menjadi eksekutor.

Garuda Muda akhirnya menang 11-10 dan keluar sebagai pemenang di perempat final Piala Asia U-23 2024.

Indonesia U-23 tengah menanti lawan di semifinal. Arab Saudi U-23 dan Uzbekistan U-23 merupakan calon lawan yang akan bentrok pada 26 April 2024 malam WIB.