Preview Pertandingan Piala AFF U-23 Indonesia Vs Malaysia: Duel dengan Tensi Panas
Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Malaysia di laga perdana Grup B Piala AFF U-23 2023. (Foto: Twitter/@TimnasIndonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Tim nasional (Timnas) Indonesia U-23 akan memulai perjalanan di Piala AFF U-23 2023 melawan Malaysia. Bentrok ini dipastikan akan berlangsung dalam tensi panas.

Bentrok antara Indonesia dan Malaysia akan dimainkan di Rayong Province Stadium, Thailand, pada Jumat, 18 Agustus. Kick off atau sepak mula dimulai pukul 20.00 WIB.

Indonesia hadir ke ajang ini tanpa beberapa pemain andalan Shin Tae-yong. Dua di antaranya adalah Rizky Ridho (Persija Jakarta) dan Dzaky Asraf (PSM Makassar).

Kedua pemain itu tidak dilepas klub masing-masing dengan alasan Piala AFF U-23 tidak masuk kalender FIFA. Selain itu, mereka dibutuhkan klub untuk mengarungi Liga 1 Indonesia yang tengah berjalan.

Keputusan Persija dan PSM tidak melepas pemain ini menimbulkan polemik luas. Namun, Shin Tae-yong justru menilai Piala AFF U-23 sebaiknya tidak ada karena justru merugikan klub.

Ketiadaan dua nama itu memaksa Shin Tae-yong memadukan pemain-pemain dari skuad SEA Games 2023 dengan pemain yang gagal mentas di Piala Dunia U-20 2023 serta beberapa nama-nama debutan.

Indonesia U-23 sendiri hadir ke ajang ini dengan status peraih medali emas SEA Games 2023. Oleh karena itu, Indonesia sudah pasti akan diperhitungkan di ajang ini.

Di sisi lain sejak menangani Indonesia sejak Desember 2019, Shin Tae-yong sudah dua kali berhadapan dengan Malaysia di berbagai ajang kelompok umur. Semua laga itu berakhir dengan kemenangan.

Pertemuan pertama terjadi pada Piala AFF 2020 (2021). Dalam pertandingan babak grup, Pasukan Garuda tampil perkasa mengalahkan Harimau Malaya 4-1.

Duel berikutnya terjadi dalam ajang SEA Games 2020 di Filipina. Dalam laga perebutan medali perunggu itu Indonesia menang adu penalti atas Malaysia setelah imbang 1-1 di waktu normal.

Prakiraan susunan formasi:

Timnas Indonesia U-23 (3-4-3): Ernando Ari; Kadek Arel, Muhammad Ferarri, Komang Teguh; Bagas Kaffa, Arkhan Fikri, Alfeandra Dewangga, Fengky Missa; Esal Sahrul, Ramadhan Sananta, Irfan Jahuari.

Pelatih: Shin Tae-yong

Timnas Malaysia U-23 (4-3-3): Rahadiazli Rahalim; Nik Umar Nik Aziz, Muhammad Harith Mohd Shahar, Ubaidullah Shamsul, Ruventhiran Vengadesan; Firdaus Hasnoddin, Alif Ikmalrizal, Hazim Abu Zaid; Aiman Afif, Najmuddin Akmal, Umar Hakeem.

Pelatih: E. Elavarasan