Timnas Indonesia U-23 Lolos Berkat Bantuan Vietnam dan Malaysia, STY Bicara soal Filosofi <i>Fairplay</i>
Pelatih Tmnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong. (Foto: Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia U-23 dipastikan lolos ke babak semifinal Piala AFF U-23 2023. Tiket yang diraih Garuda Muda tak lepas dari campur tangan Vietnam dan Malaysia.

Indonesia lolos dengan status runner up terbaik, di atas Filipina dan Timor Leste. Dua tim tersebut gagal menggeser Garuda Muda setelah kalah di laga terakhir.

Filipina kalah dari Vietnam, sedangkan Timor Leste tumbang di tangan Malaysia.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong mengatakan, laga antara Vietnam kontra Filipina telah menunjukkan bukti filosofi fairplay memang benar adanya.

"Saya memiliki filosofi sepak bola yaitu bermain dengan fairplay," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers menjelang pertandingan semifinal melawan Thailand, Rabu.

"Ketika Piala AFF U-19 di Indonesia (tahun lalu) dalam pertandingan Thailand melawan Vietnam, saya percaya pertandingan itu berjalan fairplay. Jadi saya pikir yang disajikan Vietnam (vs Filipina) dalam pertandingan kemarin malam itu juga demikian," lanjutnya, seperti dilansir dari Antara.

Pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu juga mengatakan, keempat tim yang lolos ke semifinal merupakan tim yang layak.

"Empat tim yang ada di semifinal yaitu, Thailand, Indonesia, Malaysia, dan Vietnam saya pikir memang layak untuk lolos ke semifinal. Jadi saya berharap semifinal nanti akan menyajikan pertandingan yang bagus," ungkapnya.

Tim Garuda Muda akan menghadapi Thailand dalam pertandingan semifinal Piala AFF U-23. Laga ini akan berlangsung di Stadion Rayong Provincial, Thailand, Kamis, 24 Agustus, pada pukul 20.00 WIB.

Laga semifinal Piala AFF U-23 yang mempertemukan timnas Indonesia melawan Thailand adalah duel ulangan final SEA Games 2023 di Kamboja beberapa waktu lalu.

Kala itu timnas Indonesia yang dilatih Indra Sjafri keluar sebagai pemenangnya dengan skor 5-2, sekaligus meraih medali emas SEA Games, sejak terakhir kalinya diraih skuad Garuda pada 1991.

Kekalahan telak 2-5 pastinya masih membekas bagi tim Negeri Gajah Putih tersebut. Walhasil laga semifinal Piala AFF U-23 yang berlangsung di markas mereka sendiri akan jadi kesempatan Thailand membalas dendam.

Terkait