Bagikan:

JAKARTA - Pelatih timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, mengungkapkan bahwa perasaannnya campur aduk setelah melewati babak perempat final Piala Asia U-23 2024.

Ia senang Garuda Muda bisa melaju ke semifinal, tapi di sisi lain sedih terpaksa memulangkan tim negara asalnya, Korea Selatan U-23.

Meski ada perasaan tak nyaman yang berkecamuk dalam dirinya, pada akhirnya Shin benar-benar merasa lega. Pasalnya, menurut sang pelatih, ini adalah bentuk tanggung jawab yang diembannya untuk Indonesia.

"Sejujurnya saya merasa senang, tetapi pada saat yang sama saya juga merasa sedikit sedih. Bagaimanapun pemenang sudah ditentukan," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers seusai laga pada Jumat, 26 April 2024.

"Namun, sekarang ini saya sedang mengambil tanggung jawab sebagai pelatih Timnas Indonesia U-23. Jadi, saya melakukan yang terbaik untuk itu," tutur pria asal Korea Selatan itu.

Timnas Indonesia U-23 dan Korea Selatan U-23 berjumpa pada perempat final Piala Asia U-23 2024 pada Jumat, 26 April 2024, dini hari WIB, di Stadion Abdullah bin Khalifa. Kemenangan berhasil jadi milik Garuda Muda lewat pertarungan sengit hingga drama adu penalti.

Sepanjang waktu normal, Garuda Muda mampu mencetak dua gol lewat brace Rafael Struick pada menit ke-15 dan ke-45+3. Korea Selatan U-23 kemudian membalas via gol bunuh diri Komang Teguh (45’) dan Jeong Sang-bin (84’).

Hasil imbang 2-2 itu memaksa laga dilanjutkan ke babak perpanjangan. Namun, pada kesempatan itu kedua tim masih belum bisa mencetak gol sehingga memaksa penentuan juara lewat babak adu penalti.

Pada momen adu tos-tosan sebelas penendang Garuda Muda sukses menuntaskan tugasnya dengan baik. Tendangan terukur Pratama Arhan mengakhiri drama adu penalti untuk kemenangan Timnas Indonesia U-23 dengan skor 11-10.

Mengesampingkan perasaan sedih mesti memulangkan Korea Selatan U-23, Shin Tae-yong tahu betul bagaimana perjuangan keras anak asuhnya di laga ini.

Karena itu, ia tidak lupa mengapresiasi usaha dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung keberhasilan Timnas Indonesia U-23.

"Saya ingin mengatakan terima kasih banyak kepada para pemain, PSSI, dan semua penggemar yang sudah mendukung kami," tutur Shin.

Setelah mengamankan tempat di babak semifinal, perjuangan Timnas Indonesia U-23 kian sulit. Garuda Muda masih harus berusaha lebih keras lagi karena mereka akan berhadapan dengan pemenang Uzbekistan U-23 vs Arab Saudi U-23.