Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tak bisa menahan kegembiraan setelah Skuad Garuda menang atas Filipina di laga terakhir putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Menurutnya, hasil tersebut menjadi sejarah baru yang patut diapresiasi.

Timnas Indonesia menghadapi Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Selasa, 11 Juni 2024, malam WIB. Di depan 64 ribu pendukung, Skuad Garuda menang 2-0 dari The Azkals lewat gol Thom Haye (32') dan Rizky Ridho (55').

Kemenangan ini tak cuma membawa Skuad Garuda melangkah ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, tapi juga membuat Indonesia meraih satu tiket ke Piala Asia 2027.

Dalam konferensi pers usai pertandingan, Shin Tae-yong mengaku terkesan dengan penampilan para pemain yang mampu meraih kemenangan ketiga di Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Hari ini mungkin bisa dilihat secara psikologis memang ada kesulitan juga bagi kami. Namun, berkat kerja keras pemain di lapangan, kami bisa mencetak sejarah baru dan kami akhirnya lolos ke putarna ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026," ujar Shin Tae-yong.

Setelah berhasil lolos ke putaran ketiga kualifikasi, Indonesia hanya tinggal selangkah lagi menuju Piala Dunia 2026. Pasalnya, juara dan runner-up grup pada putaran ketiga nanti akan otomatis bermain di Piala Dunia 2026.

Meski begitu perjuangan Timnas Indonesia di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 tidak akan mudah. Soalnya, mereka akan satu grup dengan raksasa Asia lainnya.

Pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang dimulai dari 5 September 2024 hingga 10 Juni 2025 itu, Indonesia berpotensi satu grup dengan Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, Iran, hingga Australia.

"Kami akan mempersiapkan tim ini agar semakin baik dan berusaha semaksimal mungkin," tutur Shin Tae-yong soal persiapan lanjutan.