Bagikan:

JAKARTA Kapten Portugal Cristiano Ronaldo tak berhenti mengoleksi gol. Bintang Al Nassr ini mencetak brace saat Portugal menang 3-0 atas Irlandia di laga uji coba di Stadion Aveiro Municipal, Aveiro, Rabu, 12 Juni 2024 dini hari WIB.

Di laga uji coba terakhir Portugal sebelum tampil di Euro 2024, Portugal memetik kemenangan mengesankan. Ronaldo yang baru bergabung dengan timnas usai liburan kembali menjadi penentu kemenangan.

Pada dua uji coba sebelumnya melawan Finladia dan Kroasia, Ronaldo tak dimainkan. Bahkan saat Portugal menang 4-2 atas Finlandia, eks bintang Manchester United dan Real Marid ini masih menghabiskan liburan.

Meski bergabung paling akhir, namun dirinya tetap menjadi bagian penting Selecao das Quinas. Dalam duel melawan Irlandia, Ronaldo turun sejak menit pertama.

Pelatih Roberto Martinez menurukan skuat terbaik dan kemungkinan sebagian besar pemain menjadi starting eleven saat menghadapi Rep. Ceko laga pertama Euro 2024.

Di laga tersebut, pemain pinjaman Barcelona Joao Felix membuka kemenangan Portugal. Dirinya membobol gawang Irlandia di menit 18.

Selanjutnya, Ronaldo nyaris memperbesar keunggulan lewat tendangan bebas. Skor 1-0 untuk Portugal bertahan sampai turun minum.

Di babak kedua, Portugal kian gencar melakukan serangan. Hasilnya Ronaldo sukses menambah gol lewat tendangan kaki kiri di menit 50.

Hanya berselang 10 menit, pemain berusia 39 ini mencetak brace. Ini menjadikan Ronaldo telah mengemas 130 gol selama 207 penampilan bersama timnas.

Portugal pun mengakhiri pertandingan dengan keunggulan 3-0. Portugal memetik dua kemenangan dari tiga pertandingan uji coba sebelum Piala Eropa.

Satu-satunya kekalahan dialami saat Kroasia yang juga berlaga di Euro 2024 menang 2-1. Kroasia juga dimotori pemain veteran Luka Modric.

Meski tetap tampil fenomenal di usia yang hampir 40 tahun, Ronaldo diyakini bakal pensiun dari timnas usai Euro 2024. Mantan bintang Juventus ini melakukan debut di Euro 2004 dan membawa Portugal memenangi Euro 2016.

Dirinya pun tercatat sebagai top skor Portugal sepanjang masa mengunguli Pauleta dan legenda timnas Eusebio.

Tak hanya itu, Ronaldo juga menjadi pemain yang paling banyak membela timnas. Jauh mengungguli Joao Moutinho dan Pepe.

Namun kompatriotnya, Ruben Nevez yang menyebut Ronaldo sebagai fenomenal belum akan pensiun.

Menurut Nevez yang kini bermain di Al Hilal Ronaldo masih mengambil peran penting bagi Portugal dan diyakini bisa membawa timnas ke Piala Dunia 2026.

"Fenomenal. Sulit untuk berkata-kata bagaimana yang kita rasakan saat bermain dengan dia. Di pertandingan kali ini, dia mencetak dua gol. Dia mengakhiri dengan baik pemanasan di Euro 2024. Jadi ekspetasinya tetap tinggi," ucap Nevez.

"Kami tahu dia memberikan 200 persen kemampuannya untuk membantu timnas. Kami mendukung dia agar bisa mencetak lebih banyak gol," kata dia lagi.

Potugal yang berada di Grup F di Euro 2024 akan mengawali pertandingan menghadapi Ceko pada 19 Juni 2024 dini hari WIB. Selanjutnya, mereka bertemu Turki dan Georgia.