Bagikan:

JAKARTA - Cristiano Ronaldo tidak langsung bergabung dengan tim nasional Portugal. Usai memperkuat Al-Nasser final di Piala Raja, Ronaldo malah berlibur ke pantai. Portugal juga melakukan perubahan dengan memanggil gelandang Manchester City Matheus Nunes menggantikan Otavio.

Ronaldo tidak masuk skuat Portugal saat beruji coba melawan Finlandia, Rabu, 5 Juni 2024 dini hari WIB. Di laga itu, kapten Manchester United Bruno Fernandes mencetak brace yang membawa Portugal menang 4-2.

Ronaldo berlibur ke pantai bersama pasangannya Georgina Rodriguez dan kelima anaknya usai gagal membawa Al-Nasser memenangi Piala Raja. Di laga final melawan Al-Hilal, Jumat, 31 Mei 2024 lalu, Al-Nasser hanya mampu bermain imbang 1-1 dan kemudian kalah adu penalti.

Usai laga final, Ronaldo tidak langsung bergabung dengan timnas yang menjalani pemusatan latihan sebelum berlaga di Euro 2024. Pemain berusia 39 ini pun mengunggah foto-foto dia saat bersama pasangan dan anak-anaknya di Intagram.

Mantan bintang Manchester United dan Real Madrid ini juga memperlihatkan tubuhnya yang six pack. Di usianya yang sudah mendekati 40, Ronaldo tetap memiliki fisik yang mengesankan untuk bisa bermain di level tertinggi.

Saat liburan, Ronaldo absen di uji coba pertama. Namun dirinya diharapkan sudah bergabung dengan timnas saat beruji coba melawan Kroasia, 8 Juni 2024 dan Irlandia pada 11 Juni 2024.

Dirinya akan tampil untuk kelima kalinya di Piala Eropa. Ronaldo melakukan debut di Euro 2024. Saat itu, Portugal bisa mencapai final tetapi secara mengejutkan dikalahkan Yunani 1-0. Ini menjadi kejutan besar dalam sejarah PIala Eropa.

Pencapaian terbaik Ronaldo yang kini memiliki caps 207 ini saat membawa Portugal menjadi juara Eropa. Mereka mengalahkan Perancis 1-0 di Euro 2016.

Di Euro 2024, Portugal yang berada di Grup F melakoni laga pertama melawan Rep. Ceko, 18 Juni 2024. Selanjutnya, mereka bertemu Georgia dan Turki.

Portugal sendiri kehilangan Otavio Monteiro, rekan Ronald di Al-Nasser. Dirinya mengalami cedera di laga Piala Raja. Pelatih Roberto Martinez pun memanggil gelandang Man City Matheus Nunes menggantikan Otavio.

Nunes terakhir kali membela Portugal saat melawan Swedia pada Maret 2024. Namun dirinya tak pernah dipanggil saat Portugal mengarungi babak kualifikasi Euro 2024.