Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia sudah dipastikan mengunci satu tempat putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Hal itu didapat setelah kemenangan 2-0 yang melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa, 11 Juni 2024, malam WIB.

Kemenangan Timnas Indonesia di hadapan 64 ribu lebih pendukung berkat dua gol dari Thom Haye (32') dan Rizky Ridho (56'). 

Tampil dengan status tuan rumah, Timnas Indonesia berusaha tampil percaya diri. Skuad asuhan Shin Tae-yong langsung memberikan tekanan lewat pergerakan Ragnar Oratmangoen yang merangsak ke kotak penalti setelah dapat umpan jauh. Sayang, pergerakannya dihentikan. 

Setelah membuka peluang pertama dengan pergerakan meyakinkan, percaya diri tim tuan rumah terus meningkat. Terbukti dari peluang-peluang yang kembali tercipta lewat sepakan Rafael Struick, Thom Haye, Calvin Verdonk, dan Marselino Ferdinan. Namun, upaya itu masih belum berbuah manis.

Pada menit ke-22 The Azkals mendapat peluang untuk mencuri keunggulan pertama. Namun, gerakan cepat Ernando Ari Sutaryadi yang menghalau bola membuat gawang Timnas Indonesia masih aman.

Masuk menit ke-27, giliran Calvin Verdonk yang dapat peluang. Sukses masuk ke kotak penalti lawan, tendangannya diblok dan hanya menghasilkan sepak pojok. 

Dua menit berselang, giliran Marselino yang meraih kans membuka keunggulan. Hanya saja, sepakan jarak dekatnya masih dimentahkan kiper Filipina.

Tak lama kemudian, Rizki Ridho melepas sundulan, tapi juga masih belum mampu menggetarkan jala gawang lawan. 

Filipina lantas melakukan serangan balik dan berhasil lepaskan tendangan jarak jauh, tapi masih melenceng.

Skuad Garuda kembali mengambil alih penguasaan bola. Situasi kemudian menguntungkan buat tuan rumah. Thom Haye melakukan tendangan jarak jauh yang mampu mengubah keadaan.

Tendangan pada menit ke-32 yang dilakukannya tak dapat dibendung oleh penjaga gawang Filipina. Keunggulan 1-0 buat Timnas Indonesia bertahan hingga turun minum.

Hasil positif pada babak pertama membuat langkah Skuad Garuda kian ringan melanjutkan paruh kedua. Terbukti dari tekanan yang terus diberikan anak asuh Shin Tae-yong kepada pasukan The Azkals.

Peluang manis kembali jadi milik Timnas Indonesia pada awal babak kedua. Tuan rumah menggandakan keunggulan melalui sundulan Rizky Ridho pada menit ke-56. 

Dia memanfaatkan umpan Nathan Tjoe-A-On dari situasi tendangan bebas. Rizky Ridho menyambut bole dengan kepalanya yang mengecoh kiper lawan.  

Unggu 2-0 membuat Timnas Indonesia cukup nyaman. Shin Tae-yong kemudian melakukan beberapa pergantian pemain.

Pelatih asal Korea Selatan itu menarik Nathan Tjoe-A-On, Rafael Struick, dan Calvin Verdonk yang kemudian digantikan Ivar Jenner, Yakob Sayuri, dan Pratama Arhan.

Penyegaran itu membuat Timnas Indonesia bisa mempertahankan performa terbaiknya. Terbukti Skuad Garuda bahkan tiga kali menciptakan peluang untuk kembali menambah angka. Namun, usaha itu masih belum berbuah manis. 

Peluang Filipina terbuka pada menit ke-76 saat kemelut terjadi di depan gawang yang dijaga Ernando Ari. Beruntung upaya mereka mencetak angka pertama masih tak membuahkan hasil.

Di tengah sengitnya persaingan di lapangan, insiden terjadi bagi kubu Filipina. Pemain mereka sampai harus ditandu dan dibawa menggunakan ambulans keluar lapangan.

Hal itu bermula ketika kemelut terjadi di depan gawang Timnas Indonesia. Saat para pemain kedua tim berebut bola di udara, tabrakan kepala terjadi antara salah satu pemain Filipina dan Ernando Ari yang berusaha menangkap bola.

Namun, ketika Ernando bangkit, pemain Filipina ini masih terkapar di lapangan sampai mendapat perawatan. Insiden kolaps tersebut terbilang parah. Penggawa kedua tim pun harus menutupi sang pemain yang tengah diberikan perawatan di lapangan.

Sempat ditangani sekitar beberapa menit, sang pemain akhirnya diputuskan untuk ditangani lebih lanjut dengan menggunakan ambulans.

Momen yang terjadi pada menit ke-86 itu cukup mengulur waktu pertandingan.  Alhasil wasit kemudian memberi tambahan waktu selama tujuh menit.

Hingga laga usai, tak ada lagi gol tercipta. Indonesia mempertahankan keunggulan 2-0 atas Filipina.