Bagikan:

JAKARTA – Pasangan ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan memastikan diri sebagai wakil pertama Indonesia yang lolos ke babak kedua Australia Open 2024.

Unggulan kedua turnamen itu memperpanjang perjalanan mereka di ajang level Super 500 BWF tersebut dengan menghentikan wakil tuan rumah, Lukas Defolky/Ricky Tang, dua gim langsung 21-14 dan 21-12 di Quaycentre, Selasa, 11 Juni 2024.

"Alhamdulillah, bisa memenangkan pertandingan hari ini. Melihat lawan-lawan yang hadir di sini, kami mau tetap fokus ke satu per satu pertandingan saja dulu," ujar Ahsan selepas laga seperti dalam keterangan yang diterima.

Pada babak kedua nanti, pasangan berjuluk The Daddies ini akan bersua dengan pasangan campuran dua negara Australia dan Korea Selatan, Ting-Yuan Kuo/Lee Jae-sun.

Pasangan itu mendapat tiket ke babak kedua setelah mengadang langkah dari ganda putra Australia lainnya, yakni Bosco Lap-Chi Kwok/Michael Soon How Lim, dalam laga dua gim langsung.

"Untuk menghadapi pertandingan babak kedua, kami tetap harus fokus. Kami tidak boleh menganggap enteng lawan yang bakal dihadapi," kata Ahsan.

Hendra/Ahsan adalah satu-satunya ganda putra Indonesia yang bermain di turnamen ini. Mereka juga satu-satu wakil Merah-Putih yang bermain pada hari pertama turnamen.

Keduanya datang ke sana bersama dua tunggal putra, tiga tunggal putri, satu ganda putri, dan dua ganda campuran. Wakil-wakil Indonesia lainnya baru akan memainkan babak pertama mereka pada Rabu, 12 Juni 2024.

Delapan wakil Indonesia lain yang ikut turun di ajang ini ialah Chico Aura Dwi Wardoyo, Alwi Farhan, Ester Nurumi Tri Wardoyo, Putri Kusuma Wardani, Komang Ayu Cahya Dewi, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, dan Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata.

Australia Open 2024 merupakan turnamen ketujuh yang dimainkan oleh Hendra/Ahsan tahun ini. Babak kedua merupakan langkah terjauh mereka dari semua penampilan itu.

Sebelum bermain di Australia, The Daddies tercatat tampil di Malaysia Open, Perancis Open, All England, Thailand Open, Singapura Open, dan Indonesia Open 2024.