Bagikan:

JAKARTA - Laga Timnas Indonesia vs Filipina akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Selasa, 11 Juni 2024, malam WIB. Demi menjaga keamanan, ada 2.086 personel gabungan yang dikerahkan.

Pertandingan Timnas Indonesia melawan Filipina merupakan laga pemungkas di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Kemenangan jadi harga mati Skuad Garuda demi lolos ke putaran ketiga.

Mengingat betapa krusialnya laga ini, aspek keamanan juga turut jadi faktor yang sangat diperhatikan. Bukan cuma untuk jalannya laga, melainkan juga faktor lain, seperti arus lalu lintas dari dan ke lokasi pertandingan.

"Kekuatan pelibatan personel pengamanan sebanyak 2.086 personel," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Ade Ary Syam Indradi, dalam keterangan kepada wartawan yang dikutip pasa Selasa, 11 Juni 2024.

Ribuan personel gabungan itu terdiri dari 1.542 personel Polda Metro Jaya, 335 personel Polres, 102 personel TNI, serta sisanya personel dari Pemda.

Untuk pengaturan lalu lintas di sekitar SUGBK, kata Ade Ary, hal tersebut masih bersifat situasional. Artinya, penerapannya tergantung pada situasi dan kondisi di lapangan.

Meski begitu, ia mengimbau kepada masyarakat yang tidak menyaksikan pertandingan untuk menghindari lalu lintas di sekitar kawasan SUGBK demi tak terjebak kemacetan.

"Kepada masyarakat pengguna jalan untuk menghindari kawasan tersebut dan mencari rute alternatif lain guna menghindari kepadatan lalu lintas," ujarnya.

Di sisi lain, Ade Ary turut mengimbau kepada para penonton untuk tidak membawa barang-barang yang dilarang ke dalam area stadion demi kenyamanan seluruh aspek.

"Dilarang membawa petasan dan kembang api, dilarang membawa sajam dan minuman beralkohol," tuturnya.