Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia berhasil mengamankan tiket ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia setelah menang atas Filipina (2-0). Skuad Garuda menjadi satu di antara 18 tim yang akan melanjutkan perjuangan menuju Piala Dunia 2026.

Namun, sebelum kembali memulai perjalanan, tim asuhan Shin Tae-yong harus lebih dulu melewati proses drawing atau pengundian untuk menentukan grup di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Berdasarkan laman resmi AFC yang dikutip pada Rabu, 12 Juni 2024, jadwal pengundian putaran ketiga kualifikasi akan dilaksanakan pada 27 Juni 2024. Agenda ini akan dihelat di markas AFC, Kuala Lumpur, Malaysia, meski waktu pasti belum diumumkan.

Meski belum berlangsung, Timnas Indonesia bisa jadi mendapatkan lawan berat. Soalnya, SKuad Garuda kini berada di Pot 6 atau pot terendah bersama Korea Utara dan Kuwait.

Pembagian pot ini sendiri mengacu pada perkiraan peringkat FIFA terbaru yang juga baru akan diumumkan resmi pada 20 Juni 2024. Korea Utara, Indonesia, dan Kuwait jadi tiga tim yang peringkatnya paling rendah dibandingkan kontestan lain.

Mengacu unggahan Footy Rankings, Pot 1 berisikan Jepang, Iran, Korea Selatan. Pot 2 ditempati Australia, Qatar, Irak. Pot 3 dihuni Arab Saudi, Uzbekistan, dan Yordania.

Lalu, Pot 4 ada Uni Emirat Arab, Oman, dan Qatar. Pot 5 diisi China, Palestina, dan Kirgistan.

Terlepas dari bagaimana pengundian nanti, Timnas Indonesia memastikan lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 usai menang 2-0 dari Filipina.

Kemenangan itu membawa Skuad Garuda berstatus runner-up Grup F putaran kedua kualifikasi dan menemani Irak lolos ke putaran ketiga.