Bagikan:

YOGYAKARTA - Timnas Indonesia sedang berjuang di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia Zona Asia. Berada di grup C, tim asuhan Shin Tae-yong harus berhadapan dengan raksasa sepakbola seperti Jepang, Australia, Arab Saudi, China, dan Bahrain. Lantas seperti apa syarat timnas Indonesia lolos piala dunia 2026?

Putaran ketiga ini berlangsung dari bulan September, Oktober, November 2024, serta akan dilanjut pada Maret dan Juni 2025. Timnas Indonesia sendiri sudah melakukan dua laga dengan hasil seri semuanya. Punggawa Garuda harus imbang 1-1 saat melawan Arab Saudi dan skor 0-0 ketika menjamu Australia. 

Meski belum berhasil menorehkan kemenangan, sejauh ini timnas Indonesia tampil cukup solid. Namun para pemain harus bekerja ekstra untuk bisa mengamankan tiket ke babak kualifikasi selanjutnya. Masyarakat tanah air memberikan dukung penuh dan berharap terciptanya peluang Indonesia bisa lolos ke Piala Dunia 2026.

Syarat Timnas Indonesia Lolos Piala Dunia 2026

Ada beberapa capaian yang harus diraih oleh timnas Indonesia apabila ingin memperoleh tiket untuk Piala Dunia. Mengutip dari laman resmi FIFA, berikut ini beberapa syarat bagi setiap negara untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026. 

  1. Menjadi Juara Grup

Syarat pertama jika Indonesia ingin bisa lolos ke Piala Dunia 2026 adalah menjadi juara grup atau runner-up di grup C. Pada putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, terdapat 18 negara yang dibagi ke dalam tiga grup. 

Negara Indonesia tergabung dalam grup C Zona Asia. Ada sebanyak 6 tiket yang diperbutkan oleh negara-negara di Asia tersebut. Dari masing-masing grup, dua negara teratas akan otomatis mendapatkan tiket ke Piala Dunia 2026.

  1. Juara Grup di Putaran Keempat

Jika Indonesia gagal mengamankan tiket Piala Dunia di putaran ketiga, masih ada kesempatan di putaran keempat. Dengan catatan, Indonesia berada di posisi ketiga atau keempat di grup C sebelumnya. Namun jika Timnas Indonesia finis di posisi kelima atau keenam pada putaran ketiga, perjalanan mereka akan berakhir. 

Putaran keempat (play-off Asia) akan diikuti oleh enam negara yang menempati peringkat ketiga dan keempat di setiap grup pada putaran ketiga. Negara-negara tersebut dibagi menjadi dua grup, dengan dua tiket tersisa untuk Piala Dunia 2026 diperebutkan. 

Juara dari masing-masing grup akan otomatis lolos ke Piala Dunia, sehingga Indonesia harus menjadi juara grup di putaran keempat untuk memastikan lolos ke Piala Dunia 2026.

  1. Lolos Play-Off Kualifikasi 

Jika Timnas Indonesia gagal mendapatkan tiket di putaran ketiga dan keempat kualifikasi, peluang terakhir adalah melalui babak play-off. Pada putaran kelima kualifikasi, dua tim yang finis sebagai runner-up grup di putaran keempat akan saling bertemu. 

Dengan demikian, Indonesia harus menempati posisi kedua di grup pada putaran keempat. Pemenang dari putaran kelima akan melaju ke Turnamen play-off FIFA yang akan diikuti oleh enam tim, masing-masing dari setiap konfederasi. 

Tim-tim tersebut akan bersaing memperebutkan dua tempat terakhir di Piala Dunia 2026. Dengan skenario ini, maka Indonesia harus berhasil mengamankan salah satu dari dua tiket tersebut untuk lolos ke Piala Dunia 2026.

Jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia tergabung di Grup C berkumpul dengan tim-tim tangguh seperti Jepang, Australia, Arab Saudi, China, dan Bahrain. Persaingan di grup ini dipastikan akan sangat ketat karena setiap tim memiliki ambisi yang sama untuk meraih tiket ke Piala Dunia 2026. 

Jadwal pertandingan Timnas Indonesia dibagi menjadi dua leg. Setiap tim akan bertanding melawan semua tim di grup, baik di kandang maupun tandang. Berikut ini adalah jadwal pertandingan Timnas Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia:

Leg Pertama

  • Matchday 1 pada 5 September 2024: Indonesia vs Arab Saudi
  • Matchday 2 pada 10 September 2024: Indonesia vs Australia
  • Matchday 3 pada 10 Oktober 2024: Bahrain vs Indonesia
  • Matchday 4 pada 15 Oktober 2024: China vs Indonesia
  • Matchday 5 pada 14 November 2024: Indonesia vs Jepang

Leg Kedua

  • Matchday 6 pada 19 November 2024: Arab Saudi vs Indonesia
  • Matchday 7 pada 20 Maret 2025: Australia vs Indonesia
  • Matchday 8 pada 25 Maret 2025: Indonesia vs Bahrain
  • Matchday 9 pada 5 Juni 2025: Indonesia vs China
  • Matchday 10 pada 10 Juni 2025: Jepang vs Indonesia

Demikianlah syarat timnas Indonesia lolos Piala Dunia 2026. Perjalanan untuk lolos babak kualifikasi dan merebut tiket Piala Dunia memang tidaklah mudah. Di putaran ketiga yang berlangsung hingga Juni 2025 mendatang, Indonesia harus bertanding dengan negara-negara kuat seperti Arab Saudi, Jepang, China, Australia, dan Bahrain. Baca juga prediksi ranking FIFA timnas Indonesia.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.