Bagikan:

JAKARTA - Media ternama Italia, Gazzetta, ternyata menyoroti persaingan Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang mana Timnas Indonesia ada di dalamnya.

Setelah pengundian di markas AFC, Kuala Lumpur, Malaysia, akhir Juni 2024, Timnas Indonesia masuk Grup C bersama Jepang, Arab Saudi, Australia, Bahrain, dan China.

Menurut Gazzetta grup ini merupakan salah satu grup neraka bagi Skuad Garuda. Anak asuh Shin Tae-yong harus bersaing dengan raksasa Asia yang ada berebut dua tiket ke putaran final Piala Dunia 2026.

Alasan Gazzetta menyoroti Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia karena keberadaan Roberto Mancini yang ada di kemudi Arab Saudi.

Mancini mesti bekerja keras demi bisa membawa timnya lolos dari grup sulit. Di atas kertas, lawan yang akan dihadapi juga bukan tim sepele.

"Hal yang lebih buruk terjadi kepada Roberto Mancini. Arab Saudi tergabung dalam grup tersulit, setidaknya di atas kertas, Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, yang akan diadakan antara Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada (tuan rumah Piala Dunia 2026)," bunyi laporan Gazzetta dikutip pada Selasa, 2 Juli 2024.

Selain itu, Gazzetta juga memprediksi tim mana saja yang bersaing ketat di Grup C. Pada bagian ini, mereka menyebut Timnas Indonesia cuma jadi tim pelengkap.

"Arab Saudi dihantam oleh Jepang (tingkat pertama) dan Australia, yang paling berbahaya di tingkat kedua. China, Bahrain, dan Indonesia melengkapi grup C," lanjut tulisan Gazzetta.

Sorotan media Italia yang menyebut Indonesia sebagai pelengkap Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia menjadi perhatian tersendiri bagi pecinta sepak bola Tanah Air.

Pasalnya, secara tidak langsung, Gazzetta mengatakan persaingan papan atas Grup C untuk tiket ke putaran final Piala Dunia 2026 hanya akan melibatkan Arab Saudi, Jepang, dan Australia.

Terlepas dari itu, untuk bisa lolos langsung ke putaran final Piala Dunia 2026, para peserta mesti mengamankan posisi jawara dan runner-up grup.

Sementara tim peringkat ketiga dan keempat akan memainkan babak playoff Asia alias Putaran Keempat, yang terbagi menjadi dua grup. Masing-masing grup berisi tiga tim.

Juara grup Putaran Keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia itu akan mendapat tiket ke putaran final.