Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menaruh harapan tinggi kepada Timnas Indonesia setelah lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Ia berharap Skuad Garuda bisa melangkah hingga ke Piala Dunia 2026.

Harapan itu diungkapkan Erick Thohir setelah Timnas Indonesia memastikan kemenangan di laga kontra Filipina, Selasa, 11 Juni 2024. Pada laga pemungkas putaran kedua kualifikasi, tim asuhan Shin Tae-yong menang 2-0 atas The Azkals.

Kemenangan itu tercipta lewat gol Thom Haye (32') dan Rizky Ridho (56') yang membuat Skuad Garuda mengakhiri fase grup putaran kedua di peringkat kedua, di bawah Irak.

Timnas Indonesia kini berpeluang lolos ke Piala Dunia 2026 melalui jalur putaran ketiga kualifikasi.

"Kemarin kan kita tidak jemawa, tetapi selangkah lagi (Timnas Indonesia U-23) ke Olimpiade Paris 2024. Ya, mudah-mudahan kita (Timnas Indonesia) diberi kesempatan juga ke Piala Dunia 2026," ucap Erick Thohir selepas menyaksikan laga.

Soal lawan di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Erick Thohir memastikan Indonesia tidak bisa memilih. Satu yang pasti, Ketum PSSI akan coba menyusun strategi yang harus dilakukan setelah pengundian.

Drawing putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan berlangsung di Kuala Lumpur pada 27 Juni 2024. Tim Garuda akan menghuni Pot 6 bersama Korea Utara dan Kuwait.

"Ya, kita tidak bisa memilih tergantung pembagian grup. Habis itu kita berhitung posisi seperti apa, kekuatan dan kekurangan kita. Kita mesti segera tambal," katanya.

Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 setelah menempati posisi runner-up Grup F putaran kedua dengan 10 poin. Juara grup diamankan Irak yang selalu menang dalam enam pertandingan.

Hasil ini juga membuat Indonesia jadi satu-satunya wakil Asia Tenggara (ASEAN) yang mampu melangkah ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.