Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, bakal memimpin tim menghadapi Filipina di laga terakhir putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Jika menang di laga itu, sang pelatih berpeluang mencatatkan rekor dan sejarah baru bagi Skuad Garuda.

Pertandingan Timnas Indonesia vs Filipina akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada 11 Juni 2024, pukul 19.30 WIB. Laga ini krusial karena menjadi jalan terakhir untuk lolos ke putaran ketiga. Syaratnya, Skuad Garuda harus menang kontra Filipina.

Jika menang, bukan cuma satu tempat di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang diraih, Shin Tae-yong juga akan menambah panjang catatan apiknya menukangi Skuad Garuda.

Pelatih Korea Selatan ini disebut bakal menjadi pelatih pertama yang berhasil membawa Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia.

Selain itu, Shin Tae-yong juga bakal menjadi pelatih pertama yang mengamankan tempat untuk tim-Merah Putih di putaran final Piala Asia 2027 tanpa jalur kualifikasi. Potensi itu pun turut mencuri perhatian AFC.

"Duduk di posisi kedua dan unggul satu poin dari Vietnam, Shin Tae-yong berpeluang menjadi pelatih kepala pertama yang membawa Indonesia ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia FIFA selain mengamankan tempat di Piala Asia Arab Saudi 2027," tulis AFC dalam laman resminya dikutip Selasa, 11 Juni 2024.

Sebelum meniti jalan menuju tambahan catatan apik di depan mata, Shin Tae-yong juga sudah mengantongi label mentereng bersama Skuad Garuda.

Sejak bergabung pada 2021, Shin Tae-yong dikenal sebagai pelatih yang berani membawa pemain muda. Contohnya pada Piala AFF 2020, pasukan senior yang dibawa saat itu diisi oleh rata-rata pemain berusia di bawah 25 tahun.

Hasilnya cukup positif, Timnas Indonesia mampu melangkah ke final dengan komposisi yang diramu sang pelatih.

Selanjutnya, Shin juga sukses memberikan kejutan di level Asia. Dia untuk pertama kalinya berhasil membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 setelah hampir 16 tahun menunggu.

Catatan rekor lainnya kembali diukir pelatih asal Korea Selatan itu saat mentas di Piala Asia 2023. Pasalnya, Timnas Indonesia lagi-lagi untuk pertama kali mampu melenggang hingga babak 16 besar Piala Asia 2023. Hal itu jelas melesat jauh dari target yang sebelumnya dipasang, yaitu hanya fase grup.

Belum lagi torehan di level kelompok umur. Pada Piala Asia U-23 2024, Shin Tae-yong membawa tim mencapai semifinal, sejarah bagi Garuda Muda.

Padahal, saat itu Indonesia U-23 menjalani debut di Piala Asia U-23.