Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, bakal mengawal tim menghadapi Filipina di laga pemungkas putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Pelatih asal Korea Selatan itu tak lupa mengirim psywar ke kubu Vietnam karena Skuad Garuda lebih berpeluang besar lolos ke putaran ketiga kualifikasi.

Timnas Indonesia akan menghadapi Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada 11 Juni 2024 pukul 19.30 WIB.

Laga ini krusial karena menjadi jalan terakhir Timnas Indonesia untuk lolos ke putaran ketiga kualifikasi dengan syarat harus menang.

Menjelang pertandingan itu, Shin Tae-yong menyoroti persaingan di Grup F. Sang pelatih mengatakan bahwa hanya ada tiga tim yang bersaing memperebutkan tiket menuju ke putaran ketiga. Mereka ialah Timnas Indonesia, Irak, dan Vietnam.

Menyadari Irak sudah memastikan tiket lebih dulu dengan status juara Grup F (15 poin), Shin melihat kini hanya Indonesia dan Vietnam yang memperebutkan satu tiket menuju putaran ketiga kualifikasi.

"Untuk di grup kita saat ini, memang yang kemungkinan besar lolos (ke putaran ketiga) itu hanya Irak, Vietnam, dan Indonesia. Irak juga sudah lolos," ucap Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers jelang laga kontra Filipina pada Senin, 10 Juni 2024.

Lebih lanjut, pelatih berusia 53 tahun itu memberikan psywar kepada The Golden Star Warriors. Ia mengatakan bahwa saat ini timnya cukup diunggulkan dibanding tim besutan Kim Sang-sik untuk melaju ke putaran ketiga kualifikasi.

Pasalnya, saat ini Skuad Garuda menempati peringkat kedua klasemen Grup F dengan tujuh poin. Sandy Walsh dan kolega hanya membutuhkan satu kemenangan untuk bisa mengunci tempat di putaran ketiga kualifikasi.

Selain itu, ada satu keuntungan lainnya yang dimiliki oleh Tim Merah-Putih. Mereka berstatus sebagai tim tuan rumah saat bersua Filipina yang akan membawa tambahan semangat di lapangan.

"Kami Indonesia lebih diunggulkan untuk lolos ke putaran ketiga dibanding Vietnam. Apalagi kita main di rumah," tutur Shin Tae-yong.

Situasi itulah yang membuat Shin Tae-yong saat ini tidak terlalu khawatir dengan nasib timnya. Dengan percaya diri, ia yakin anak asuhnya bisa menyabet satu tiket sisa menuju putaran ketiga kualifikasi.

"Kemarin pun ketika lawan Irak, (kualitas) kami tidak jauh berbeda dengan tim lawan. Saya tidak begitu khawatir untuk pertandingan nanti (lawan Filipina) karena kami pasti akan siap untuk mendapatkan tiket menuju putaran selanjutnya," ujar Shin Tae-yong.