Shin Tae-yong Minta Indonesia Tak Tiru Malaysia yang Terlalu Hormat kepada Vietnam
Para pemain timnas Indonesia (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia sudah dinanti Vietnam dalam laga lanjutan fase Grup B Piala AFF 2021 yang berlangsung Rabu besok. Menjelang laga tersebut, Shin Tae-yong meminta anak asuhannya tidak meniru kesalahan Malaysia yang dianggap terlalu menaruh hormat kepada Vietnam.

Malaysia kalah 0-3 dari Vietnam lantaran para pemainnya dianggap terlalu menaruh hormat dan sungkan kepada lawan. Shin Tae-yong yang sempat disinggung soal hal itu meyakini Evan Dimas dkk akan menghadapi Vietnam dengan seluruh tenaga.

"Memang cukup bisa berpikir seperti itu (Malaysia terlalu menaruh hormat pada Vietnam) tetapi pemain muda kami mempersiapkan diri untuk yang terbaik di lapangan. Mereka akan tampil habis-habisan untuk menang tanpa ampun," ucap Shin Tae-yong saat konferensi pers daring yang dihadiri VOI pada Selasa, 14 Desember.

Shin Tae-yong mengakui calon lawannya adalah salah satu tim kuat. Vietnam menjadi ancaman nyata bagi timnas yang sama-sama ada di Grup B.

"Pastinya Vietnam tim yang baik dan mereka cukup kuat. Meskipun kalah enam kali di Kualifikasi Piala Dunia, tetapi mereka yang terkuat di Piala AFF 2020 dan bisa jadi ancaman," Tae-yong melanjutkan.

Terlepas dari komentarnya soal calon lawan Indonesia, Shin Tae-yong tetap menaruh harapan besar pada penggawa Gruda. Sebab, ia juga yakin performa anak asuhnya akan terus meningkat setelah melewati beberapa laga yang ditutup dengan kemenangan.

"Untuk pertandingan besok (lawan Vietnam) persiapan berjalan baik. Memang masih ada pemain yang belum gabung tapi kita akan persiapkan maksimal untuk tampil baik dan menang," tegas sang pelatih.

Melawan Vietnam akan jadi laga krusial bagi timnas. Sebab, jika menang akan membuat skuat Garuda mendapat jalan lapang menuju babak semifinal. Jika kalah, timnas masih harus melewati laga hidup mati melawan Malaysia di partai terakhir.